Surabaya, pens.ac.id – Berlaga dalam kompetisi yang digelar oleh Universitas Sumatera Utara (USU), salah satu mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dari Program Studi D4 Teknik Elektro Industri kembali mendapatkan prestasi membanggakan dalam bidang Bahasa Inggris. Abdul Hakim Azis berdampingan dengan salah satu mahasiswa Institut KH. Abdul Chalim, berhasil menyabet Juara Tiga kategori Best Novice Speaker. Kompetisi ini sukses digelar selama dua hari terhitung sejak Sabtu (24-25/7) secara daring melalui aplikasi Zoom Video Conference dengan total peserta 60 tim.

Ajang yang dibuka untuk umum ini memiliki dua kategori, yakni Main Category dan Novice Category. Dalam Novice Category ini, Abdul Hakim sukses menduduki posisi ketiga terbaik pada kategori lomba yang dilakoninya. Berbagai pengalaman tentu didapatkan oleh mahasiswa tersebut selama mengikuti kompetisi yang biasa dikenal dengan USU Open ini.

Berbagai hal dialami oleh Abdul Hakim, salah satunya adalah kendala jaringan saat perlombaan berlangsung. Hal ini disebabkan karena lokasi tempat tinggalnya yang jauh dari perkotaan. Selain itu, mahasiswa D4 Teknik Elektro Industri ini mengungkapkan bahwa timnya tidak bisa didampingi oleh dosen pembimbing dikarenakan terdapat kolaborasi dengan mahasiswa kampus lain. Meski adanya kesulitan selama mengikuti kompetisi ini, Abdul Hakim mampu melanjutkan lomba yang telah dipersiapkan olehnya dengan sebaik mungkin.

Kebanggaan tentu dirasakan oleh Abdul Hakim karena telah kemenangan tersebut. Setelah melalui berbagai hal, Abdul Hakim menjadi teladan nyata untuk tetap berusaha dan pantang menyerah dalam melakukan kegiatan atau kompetisi. Mahasiswa yang akrab disapa Hakim tersebut berpesan untuk para mahasiswa PENS agar tetap produktif dan semangat. “Kita harus menjadikan pandemi ini lebih bermanfaat dengan mengikuti berbagai lomba, kegiatan volunteer, short course, dan lain-lain untuk menambah pengalaman meskipun hanya dirumah saja,” ujar Abdul Hakim. (jes/kik)