Surabaya, pens.ac.id – Prestasi membanggakan silih berganti diraih oleh mahasiswa PENS. Kali ini, dua mahasiswa Teknik Elektro Industri yang tergabung dalam Tim Wisanggeni berhasil menyabet Juara 1 dalam Cipta Karya Generasi Milenial dengan menciptakan ide bertemakan “Sistem Deteksi Berbasis Internet of Things Guna Meningkatkan Respon Informasi Tanggap Kebakaran”. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Industri Universitas PGRI Wiranegara dan dilaksanakan pada Sabtu (7/8) untuk tahap presentasi 10 Finalis terpilih di Kampus Universitas PGRI Wiranegara, Pasuruan.

Tim yang beranggotakan Muhammad Ali Maskur dan Mohammad Setia Arifin ini mengikuti kompetisi guna meningkatkan skill dan ilmu pengetahuan yang dimiliki serta langsung mengimplementasikan karya melalui sebuah kompetisi. Tahap administrasi dan pengumpulan proposal ide berhasil dilewati Tim Wisanggeni dengan lancar. Kemudian, tim tersebut dinyatakan lolos sepuluh besar dan diharuskan mengirimkan tugas secara daring hingga mengumpulkan file presentasi lomba.

Awalnya, dua mahasiswa tersebut memiliki kesulitan dalam membuat judul proposal yang unik dan menarik untuk bisa memiliki ciri khas. Namun, Tim Wisanggeni berhasil menetapkan proposal berjudul “Safety Fire Alarm (SAFIRA) Perancangan Sistem Deteksi Berbasis Internet of Things (IoT) Guna Meningkatkan Respon Informasi Tanggap Kebakaran” serta lanjut ke babak final. Pada hari presentasi final lomba terdapat sedikit kendala yang dihadapi oleh Ali dan rekannya. “Terdapat sedikit kendala saat presentasi final, rekan tim saya tidak bisa hadir pada saat itu. Namun, saya yakin dengan mengandalkan konsep dan pemahaman dari alat yang telah kami rancang sebelumnya,” jelas Ali Maskur.

Tim Wisanggeni tidak menyangka bisa mendapatkan prestasi tersebut serta merasakan kebanggaan tersendiri bisa membawa nama PENS naik sebagai juara. Ali Maskur berpesan kepada mahasiswa PENS untuk selalu bersemangat dalam berproses walaupun dalam kondisi pandemi. “Tetap selalu semangat dan selalu melihat peluang dalam menggapai prestasi walau dalam kondisi pandemi saat ini,” ujar Ali Maskur. (irf/raf)