Surabaya, pens.ac.id – Lima program studi jenjang Diploma III Politeknik Elektronika Negeri Surabaya yakni Teknik Telekomunikasi, Teknik Informatika, Teknik Elektronika, Teknik Elektro Industri, dan Teknologi Multimedia Broadcasting telah melaksanakan rangkaian kegiatan Seminar Proyek Akhir. Akibat adanya situasi Pandemi Covid-19, perhelatan seminar kali ini kembali dilangsungkan secara daring melalui Zoom Video Conference. Kegiatan yang diselenggarakan selama empat hari terhitung sejak Kamis (22/7) ini diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir dan dihadiri oleh dosen pembimbing serta dosen penguji.

Bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan, hasil, dan kendala selama pembuatan Tugas Akhir (TA), berbagai persiapan harus dilakukan oleh para mahasiswa. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa sebelum mengikuti sidang, diantaranya buku laporan TA, file monitoring logbook, dan bukti persetujuan maju sidang dari dua dosen pembimbing. Selain itu, mahasiswa diwajibkan mengumpulkan slide dan video presentasi serta video demo guna menghindari kemungkinan terjadinya kendala ketika hari pelaksanaan berlangsung.

Pelaksanaan seminar PA ini memiliki mekanisme yang hampir sama seperti tahap sebelumnya. Setelah mahasiswa berada pada main room, secara bergiliran mahasiswa akan diarahkan memasuki breakout room. Dosen pembimbing yang bertindak sebagai moderator memperkenalkan mahasiswa bimbingannya secara singkat dan dilanjutkan dengan pemaparan oleh mahasiswa selama lima menit menggunakan Bahasa Inggris. Kemudian, terdapat sesi tanya jawab dan diskusi antara penguji dengan mahasiswa. “Durasi singkat dikarenakan mahasiswa sudah menyertakan video presentasi sebelum sidang. Diharapkan dengan presentasi singkat tersebut, dapat meminimalisir kemungkinan terjadi masalah jaringan dan proses sidang bisa difokuskan pada sesi diskusi dan tanya jawab,” ungkap Citra Devi Murdaningtyas, S.T., M.T. selaku Koodinator TA Program Studi Teknologi Multimedia Broadcasting.

Dalam seminar, dosen penguji juga memberikan kritik dan saran guna menyempurnakan hasil TA mahasiswa. Usai menjalani serangkaian kegiatan seminar, membuat mahasiswa dapat bernafas lega.  Yasmin Thurfah Imtiyaaz, seorang Mahasiswa D3 Teknik Telekomunikasi tahun 2018, mengaku merasa lega karena berhasil melewati kegiatan seminar dengan lancar. “Semoga kondisi pandemi ini cepat selesai karena rasanya tidak enak bertemu orang secara daring terus-menerus. Dan, harapanku untuk mahasiswa PENS yang baru memulai atau sedang membuat tugas akhirnya, semoga dilancarkan dan dimudahkan karena memang kondisi seperti ini pasti akan ada banyak cobaan,” tuturnya. (ten/raf)