Surabaya, pens.ac.id – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali membuka jalur penerimaan mahasiswa baru 2021 melalui jalur Seleksi Mandiri (Simandiri). Berbeda dengan SBMPN 2021 sebelumnya, mekanisme seleksi Simandiri kali ini dilangsungkan secara daring dari tempat tinggal peserta masing-masing. Dihelat pada Sabtu (17/7), kegiatan UTBK Online Simandiri menjadi jalan terakhir bagi siswa lulusan SMA/Sederajat untuk dapat menempuh studi di Kampus PENS.

Tercatat sebanyak 686 peserta akan memperebutkan sekitar 400 kursi dari 20 Program Studi PENS termasuk tiga Program Studi terbarunya, yakni Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia, Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Internet, dan Sarjana Terapan Sains Data Terapan. Selain itu, UTBK Online Simandiri kali ini juga diberlakukan bagi peserta yang ingin mendaftarkan diri pada Kampus Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Lamongan dan Sumenep.

Adapun mekanisme dari perhelatan UTBK Online ini dimana masing-masing peserta akan dikoordinasikan melalui Zoom Video Conference, yang kemudian dibagi ke dalam beberapa Breakout Room dengan kapasitas 50 orang dari tiap ruangan. Walaupun dilaksanakan secara daring, namun PENS tetap mengedepankan kualitas dari calon mahasiswa yang akan lolos nantinya. “Meski secara daring, kita akan tetap memperhatikan kualitas mahasiswa sehingga proses pengawasan dilakukan secara ketat dengan diturunkan empat sampai lima pengawas di setiap ruangan,” ungkap Dr. Bambang Sumantri selaku Wakil Direktur I Bidang Akademik.

Dalam seleksi kali ini, masing-masing peserta akan diberi waktu sebanyak 105 menit untuk mengerjakan soal. Terdapat total 58 soal yang terbagi ke dalam empat bidang, diantaranya Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Fisika. Setelah tes sesi pertama usai, untuk peserta yang memilih program studi D3 Multimedia Broadcasting diwajibkan untuk mempersiapkan peralatan tulis yang sudah di instruksikan sebelumnya guna menjalani Tes Bakat Artistik. Pada tes sesi kedua ini, peserta hanya diberikan waktu selama satu jam untuk menyelesaikan tugas yang telah diberikan dan kemudian dikirimkan melalui email.

Dengan dilangsungkannya seleksi UTBK Online Simandiri ini, diharapkan PENS mampu mendapatkan calon mahasiswa terbaik dan kembali dapat mengukir berbagai presetasi bersama. Disamping itu, berbekal dengan pengawasan yang ketat, Dr. Bambang Sumantri juga berharap agar nantinya mahasiswa yang lolos merupakan mahasiswa yang benar-benar memiliki kualitas sesuai dengan apa yang diharapkannya. “Harapan kami tentu saja bisa mendapatkan calon mahasiswa terbaik dan mau untuk berkembang guna memperbesar kapasitas dari diri mereka. Bagaimanapun juga mahasiswa yang baik itulah yang mampu mengangkat kualitas dari PENS itu sendiri,” imbuhnya. (kik)