Surabaya, pens.ac.id – Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMIT) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menghelat webinar kolaborasi dengan GDP Labs guna memberikan berbagai informasi mengenai React JS. Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (3/7), turut menghadirkan dua narasumber yakni Hogiyanto Purnama Lucman selaku Principal Software Development Engineer at Glair dan Timotius Kevin Levandi sebagai Senior Software Development Engineer at Glair. Bertajuk “React Introduction”, kegiatan ini dibuka untuk umum dan diselenggarakan melalui Zoom Video Conference serta disiarkan langsung pada kanal YouTube HIMIT PENS.

Dimulai pukul 08.45 WIB, kegiatan dibuka oleh Muhammad Syarifudin selaku MC dan dilanjutkan sesi pembacaan agenda serta tata tertib peserta. Agenda selanjutnya adalah sambutan Ketua HIMIT PENS yakni Dani Hermawan. Dalam sambutannya, Dani berharap kegiatan ini akan memberikan ilmu yang bermanfaat untuk para peserta. Ketua Program Studi D4 Teknik Informatika yakni Ahmad Syauqi Ahsan, S.Kom., M.T. juga turut memberikan wejangan untuk para peserta agar memaksimalkan  kesempatan ini untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya. Sambutan yang terakhir disampaikan oleh M. Udin Harun Al Rasyid , S.Kom., Ph.D. selaku Kepala Departemen Teknik Informatika dan Komputer. Beliau menuturkan bahwa kolaborasi dengan industri seperti ini sangat bermanfaat karena dapat memberikan ilmu baru yang belum diajarkan di perkuliahan. “Kecepatan teknologi menuntut kita untuk cepat berkembang juga, butuh knowledge yang luas untuk menyeimbangi hal tersebut.” ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi pemutaran video company profile GDP Labs dan diteruskan dengan materi mengenai React Introduction oleh Hogiyanto. Materi berisi tentang berbagai informasi mengenai React JS yang merupakan pepustakaan dengan berbagai kode Javascript dengan tujuan untuk membangun Front-end Single Page App (SPA) pada aplikasi yang berbasis website. Selanjutnya terdapat materi Why React?, React vs Vanilla JS, dan Main Concepts. Seluruh materi dijelaskan secara rinci dan dilengkapi dengan berbagai contoh coding yang sesuai. Timotius sebagai pemateri kedua melanjutkan pemaparan Main Concepts dan memberikan materi lain seperti Frameworks, Setup&Installaton, serta demo.

Para partisipan terlihat antusias saat sesi demo dan langsung mempraktikkannya seperti yang dicontohkan oleh pemateri. Sebagai akhir dari agenda, dibuka sesi tanya jawab oleh para peserta webinar kepada pemateri. “Saya cukup takjub dengan banyaknya pertanyaan yang bagus-bagus disampaikan oleh para peserta, ini pengalaman yang baru bagi saya menjadi pemateri di webinar public ini,” pungkas Timotius Kevin. (jes/kik)