Surabaya, pens.ac.id – Riset dan kesiapan kerja merupakan sesuatu yang harus dimatangkan mengingat mahasiswa politeknik akan bersaing dalam industri kreatif. Dalam menyikapi hal tersebut, PENS International Cooperation Office (PICO) usai langsungkan webinar bertajuk “Research Activities in Diversity & Finding Out Career Opportunities in Asia for A Better Future“. Kali ini, Prof. Nobuo Funabiki, Ph.D. dan Dr. Gatot Hari Priowirjanto hadir sebagai narasumber dalam kegiatan yang berlangsung pada Senin (28/06), melalui Cisco Webex Video Conference dan live streaming YouTube PICO.

Pembuka kegiatan diawali dengan pembacaan aturan dan susunan webinar oleh pembawa acara yang bertugas. Kemudian, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber, yang kali ini dimoderatori oleh Dias Agata, S.S., M.Pd. Narasumber pertama yang memberikan materi adalah Dr. Gatot Hari Priowirjanto yang merupakan 7 SEAMEO Center Coordinator. Pada kesempatan kali ini, Dr. Gatot menjelaskan mengenai pentingnya mahasiswa untuk memiliki jaringan luar negeri yang didapatkan baik dari magang maupun pertukaran pelajar. Hal itu tentu agar mahasiswa Indonesia utamanya PENS dapat bersaing dengan industri luar.

Berbeda dengan pemateri sebelumnya, Prof. Nobuo Funabiki, Ph.D. yang berasal dari Departement of Electrical and Communication Engineering Okayama University, menjelaskan mengenai perkembangan industri pada era saat ini dan berbagai hal yang perlu dipersiapkan oleh mahasiswa. Ditengah penyampaian materi, Aliridho Barakbah, S.​Kom., Ph.D. selaku Direktur PENS turut hadir memberikan sambutan sekaligus ungkapan terimakasih kepada narasumber yang hadir pada webinar kali ini. Kedua pemateri memberikan banyak informasi menarik kepada para peserta yang hadir, dibuktikan dengan pertanyaan pada sesi QnA yang cukup banyak di kolom live chat Webex. Usainya kegiatan ini diharapkan mahasiswa PENS lebih terbuka mengenai riset dan juga peluang pekerjaan di Asia untuk menunjang karir kedepannya. (tan/raf)