Surabaya, pens.ac.id – Sebagai upaya menyambut Hari Raya Idulfitri 1442 H yang kental dengan silaturahmi dan kebersamaaan, keluarga besar Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai helat Halal Bi Halal Virtual pada Senin (17/5). Kegiatan yang dilangsungkan secara luring (luar jaringan) ini bertempat di Auditorium Gedung Pascasarjana PENS maupun daring melalui Zoom Video Conference dan Live Streaming YouTube PENS TV. Selain dihadiri oleh civitas akademika PENS, Halal Bi Halal kali ini turut mengundang juga Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA. dan Prof. Dr. H. Mohammad Ali Aziz, M.Ag. sebagai pembicara.

Meskipun kegiatan dilaksanakan secara luring, tamu undangan yang hadir tetap mematuhi protokoler kesehatan secara ketat. Halal Bi Halal dalam rangka Hari Raya Idulfitri 1442 H ini, diawali dengan pembagian Doorprize sebagai pra-acara. Pembacaan ayat suci Al-quran menjadi  tanda kegiatan resmi dilangsungkan. Dalam kesempatan kali ini, Dr. Zainal Arief, S.T., M.T. juga turut memberikan sambutan. Dalam sambutannya, direktur PENS mengungkapkan bahwa meskipun selama dua tahun PENS sudah melangsungkan kegiatan halal bi halal dengan berbagai keterbatasan karena pandemi, tidak akan menghilangkan nuansa Idulfitri sebagai ajang bersilaturahmi.

Rangkaian selanjutnya sekaigus inti acara yakni berupa tausiyah dari Prof. Dr. H. Mohammad Ali Aziz, M.Ag. Beliau memaparkan terkait Hari Raya Idulfitri yang merupakan sebuah kegembiraan bagi umat manusia, harus tetap dilaksanakan dengan suka cita meskipun dalam keadaan pandemi. Selain itu, Prof. Ali Aziz juga menyebutkan mengenai pembelajaran saat bekerja dalam organisasi atau dengan orang lain yakni mengenai kesetaraan dan mengoptimalkan kapasitas pada diri. Tausiyah tersebut, kemudian dilanjutkan oleh Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA. yang menegaskan perihal kesinambungan antara dzikir dan berfikir sekaligus upaya yang dapat dilakukan manusia untuk mendapatkan kesejahteraan di dunia dan di akhirat.

Sesi ditutup dengan dialog oleh para hadirin baik yang hadir secara luring maupun daring. Antusiasme peserta Halal Bi Halal sangat terlihat pada sesi ini, pertanyaan tak putus diberikan kepada kedua pembicara yang hadir. Dengan usainya kegiatan ini tentu diharapkan PENS dapat menjadi institusi yang barokah dan lebih profesional kedepannya. (tan/msa)