Surabaya, pens.ac.id – Mahasiswa Jenjang Diploma IV Program Studi Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektro Industri, Teknik Informatika, Teknik Mekatronika, Teknik Komputer, dan Teknologi Game Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) angkatan 2018 usai menjalani sidang Kerja Praktik (KP) yang diselenggarakan terhitung sejak Senin (12/4). Pelaksanaan kali ini berbeda dari tahun sebelumnya, yakni sidang berlangsung secara daring melalui Zoom Video Conference. Dalam sidang tersebut, para mahasiswa diminta untuk memaparkan pengalaman yang mereka dapatkan selama mengikuti tiga bulan Kerja Praktik.

Akibat pandemi Covid-19 membuat pelaksanaan jadwal sidang KP tidak dapat dilaksanakan secara serentak seperti tahun sebelumnya. Tercatat enam program studi yang dijadwalkan pada bulan April yang diselenggarakan selama dua hari (12-13/04) yakni Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektro Industri, Teknik Informatika, Teknik Mekatronika, Teknik Komputer. Kemudian disusul dengan Mahasiswa Program Studi Teknologi Game yang melaksanakan Sidang KP pada Jumat (7/5).

Kegiatan sidang yang dimulai pada pukul 08.00 WIB. Mahasiswa yang mendapatkan giliran dan memenuhi syarat diberikan waktu sebanyak 15 menit untuk melakukan presentasi serta sesi tanya jawab. Pada masing-masing ruangan sidang terdapat satu dosen pembimbing dan tiga dosen penguji yang akan menilai kemampuan mahasiswa selama penyampaian paparannya. Berbagai persiapan rupanya telah dilakukan oleh peserta mengingat sidang kali ini berlangsung secara online. Persiapan yang dilakukan tidak hanya mengarah pada mental, melainkan juga pada sarana dan prasarana selama sidang.

Selain itu, juga terdapat beberapa persyaratan yang wajib dikumpulkan sebelum hari kegiatan, yakni buku KP dan slide presentasi yang berisikan pengalaman selama kerja praktik, laporan logbook mingguan, dan formulir monitoring penilaian dari tempat Kerja Praktik. “Meski di program studiku pengumuman sidangnya tiga hari sebelum pelaksanaan, untungnya kami mendapatkan support baik dari sesama mahasiswa, dan tentunya dari semua dosen kami,” ungkap Ilham Agung Riyadi yang merupakan salah satu mahasiswa Teknologi Game.

Dengan adanya sidang KP ini, diharapkan dapat dijadikan bahan evaluasi yang dapat mengembangkan kemampuan para mahasiswa untuk kedepannya. “Untuk seluruh rekan mahasiswa semoga tetap semangat dan menerapkan semua yang didapat dalam kehidupan perkuliahan. serta untuk bapak ibu dosen, bisa semakin support seluruh anak didiknya, karena kami rasa, hal tersebut sangat dibutuhkan setiap individu mahasiswa.” tuturnya. (ten/kik)