Surabaya, pens.ac.id – Guna mengoptimalkan pelaksanaan kegiatan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah usai menyelenggarakan seleksi tahap kedua Presentasi Proposal Usaha. Dihelat pada Sabtu (17/4), kegiatan berlangsung secara daring melalui platform Zoom Video Conference. Kegiatan ini diikuti oleh 40 tim peserta mahasiswa aktif PENS dari berbagai angkatan yang lolos pada seleksi PMW tahap pertama.

Sebelum dapat memasuki tahap ini, setiap peserta diharuskan untuk melakukan serangkaian seleksi tahap pertama dengan melakukan pengumpulan proposal dari ide usaha yang dimilikinya. Peserta yang dinyatakan lolos pada tahap tersebut, akan mendapatkan kesempatan untuk dapat melanjutkan ke tahap berikutnya. Pada seleksi tahap kedua kali ini, PENS turut mengundang tiga reviewer sebagai penguji, yakni Tarmizi Erfandi, Mehdy Riza, dan Jatmiko Mulyoraharjo. Disini, setiap tim diminta mempresentasikan ide usahanya mulai dari deskripsi usaha, latar belakang, tujuan, target pasar, dan metode pemasaran yang nantinya akan dilakukan.

Menurut Ahmad Faizin selaku Menteri Perekonomian Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) PENS, seleksi PMW tahap kedua ini bertujuan untuk membangkitkan semangat mahasiswa yang memiliki minat dan bakat di bidang kewirausahaan dengan dipacu untuk memulai berwirausaha berbasis IPTEK. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memacu mahasiswa untuk lebih aktif dalam kegiatan wirausaha. “Kegiatan PMW ini sangat penting karena memacu mahasiswa untuk lebih aktif dalam kegiatan wirausaha, karena selain belajar teknologi, mahasiswa harus bisa membangkitkan jiwa wirausaha yang mandiri,” ungkap salah satu Peserta PMW PENS, Fahbian Firmansyah.

Setelah seleksi tahap kedua usai, para peserta yang lolos nantinya akan kembali diberikan pembekalan melalui kegiatan Coaching and Workshop kewirausahaan dengan para pengusaha yang ahli dibidang kewirausahaan. Rencananya kegiatan akan dihelat pada (24-25/4) mendatang dengan berbagi tips dan motivasi yang dibagikan kepada para tim yang berhasil lolos pada tahap ini. Dengan dihelatnya Presentasi Proposal Usaha, diharapkan para peserta dapat mengaplikasikan dan juga menjalankan rencana usahanya dengan maksimal. (kik)