Surabaya, pens.ac.id – Kuliah tamu dengan menghadirkan Wawan Julianto, S.T., MBA. yang merupakan Asisten Vice Presiden dan Broadcast Operation TransTV, usai dihelat oleh program studi Multimedia Broadcasting (MMB) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa MMB kelas 2 secara virtual melalui Zoom Video Conference pada Sabtu (10/4). Kuliah tamu ini juga disiarkan secara langsung melalui Youtube PENS TV.

Rangkaian pembukaan kegiatan kuliah tamu diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan. Pada kesempatan kali ini Kholid Fathoni, S.Kom., M.T. selaku Kepala Departemen Teknologi Multimedia Kreatif menyampaikan bahwa banyaknya pengguna internet harus mampu dihadapi tantangannya oleh mahasiswa prodi MMB yang berkecimpung di dunia penyiaran. Sambutan dilanjutkan oleh Ketua Prodi Multimedia Broadcasting, Dr. Muhammad Agus Zainudin, S.T., M.T. yang mengungkapkan kompetensi mahasiswa lulusan MMB harus mampu menghasilkan konten-konten dalam berbagai produk serta mem-broadcast konten dalam berbagai media. Kompetensi tersebut akan dapat dicapai  melalui kegiatan kuliah tamu ini.

Usai pembukaan, inti kegiatan berupa penyampaian materi dengan tema strategi dan tantangan industri penyiaran oleh Wawan Julianto, S.T., MBA.  selaku narasumber. Dalam hal ini, Dr. Eng. Hestiasari Rante, S.T., M.Sc. yang merupakan dosen PENS bertugas sebagai moderator. Materi yang disampaikan oleh narasumber diantaranya mengenai industri pertelevisian di Indonesia, penjelasan mengenai kompetitor dan target penikmat dalam penyiaran, strategi bisnis dalam penyiaran, dan berbagai hal yang berhubungan dengan peningkatkan kualitas penyiaran di era 4.0.

Kuliah tamu ini, mampu menarik perhatian mahasiswa PENS prodi MMB dibuktikan dengan antusiasme mahasiswa saat sesi tanya jawab berlangsung. Lebih dari 10 pertanyaan dilontarkan oleh mahasiswa di kolom chat Zoom  yang dibacakan satu per satu oleh moderator. Rangkaian kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama oleh partisipan yang masih mengikuti hingga akhir. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kesiapan mahasiswa prodi MMB dalam bidang penyiaran. (tan/raf)