Surabaya, pens.ac.id – Himpunan Mahasiswa Telekomunikasi (Hima Telkom) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menghelat Webinar Kewirausahaan bertajuk “Technopreneurship, Start Your Own Startup (SOS)”. Kegiatan ini turut menghadirkan Bayu Adi Persada selaku Head of Product IDN Media. Diselenggarakan secara online melalui Zoom Video Conference pada Sabtu (27/3), webinar ini terbuka untuk umum.

Dilaksanakan sejak pukul 09.15 WIB, serangkaian kegiatan diawali dengan penyampaian sambutan oleh Melinia Yunita Rindiani selaku Ketua Pelaksana webinar dan Syah Muhammad Alfareizi selaku Ketua HIMA Telkom. Selain itu, Ketua Program Studi D4 Teknik Telekomunikasi, Mochammad Zen Samsono Hadi, S.T., M.Sc., Ph.D. juga turut hadir memberikan sambutan dalam kegiatan ini. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan utama yakni pemaparan materi oleh Bayu Adi Persada.

Dalam pemaparan materi, Bayu menjelaskan mengenai cara membangun startup dari awal mulai dengan penyelesaian sebuah masalah, market validation dan competition landscape. Selain itu, materi  mengenai product market fix, iteration and scale juga turut dijelaskan. Dalam kesempatan tersebut, para peserta ditekankan untuk selalu mencoba dengan apapun masalah yang ada dan jangan mudah menyerah jika ingin sukses dalam  membangun startup. ”Dalam membangun startup atau bisnis harus ‘keep trying’, tidak mudah menyerah, dan poin yang penting adalah kesabaran,” tekan Bayu Adi dalam pemaparannya.

Setelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan sesi QnA yang bertujuan untuk menggali materi lebih dalam mengenai startup dan diskusi masalah yang pernah dihadapi oleh peserta. Dengan adanya webinar kewirausaan kali ini, diharapkan bisa bermanfaat dan menjadi bekal kedepan untuk semua peserta. ”Kami harap, ilmu yang didapatkan dari webinar bisa bermanfaat dan bisa diterapkan dalam kehidupan dalam dunia bisnis lebih tepatnya startup,” ujar Melinia Yunita. (irf/msa)