Surabaya, pens.ac.id – Prestasi membanggakan kembali diraih oleh mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Tiga mahasiswa Program Studi Teknik Elektronika dan Teknik Mekatronika yang tergabung dalam Tim Sieera Photovoltaic berhasil menyabet predikat Juara 1 mengalahkan 35 tim lainnya pada kategori robot transporter tingkat nasional. Diikuti selama dua hari (20-21/3), Electrical and Computer Competition (ELCCO) ini dihelat oleh Universitas Udayana secara online melalui Webex Video Meetings.

Tim Sieera Photovoltaic beranggotakan Dewa Pramudya dan Asad Fakih yang merupakan mahasiswa Program Studi Teknik Elektronika serta Putri Gita Artha Adjani Syindy dari Program Studi Teknik Mekatronika. Berawal dari pengalaman mengikuti kompetisi sejenis, Dewa dan tim dengan sergap mempersiapkan robot untuk kompetisi serta komponen-komponen yang dibutuhkan. Tidak hanya itu timnya juga mempersiapkan jalur yang telah disediakan panitia sebagai bahan untuk berlatih agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Persaingan yang begitu ketat cukup terasa pada saat kompetisi yang menuntut ketepatan, kecepatan, dan juga desain robot. Namun, Tim Sieera Photovoltaic berhasil menghadapi pesaing-pesaing yang sudah berpengalaman. “Pesaing lomba kali ini cukup berat dan sangat berpengalaman, namun kami terus berusaha dan mencoba semaksimal mungkin serta turut menghadirkan keyakinan kuat terhadap tim yang telah kita bentuk,” ungkap Dewa.

Kemenangan yang ditorehkan kali ini, tidak lepas dari dukungan dari pihak PENS. Sarana yang diberikan serta perizinan dari kampus yang cukup mudah merupakan langkah awal dari kemenangan. Dewa dan tim sangat bersyukur dan tidak pernah terbayang sebelumnya bisa mendapatkan predikat juara kali ini. “Belum pernah kebayang sama sekali, pas waktu final bener-bener deg-degan dan Alhamdulillah bisa menang. Senang dan bersyukur banget dengan kemenangan ini,” pungkas Dewa Pramudya. (irf/raf)