Surabaya, pens.ac.id – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali mengadakan Rapat Senat Terbuka dan Wisuda ke-16 pada Sabtu (20/3). Sebanyak 153 wisudawan dikukuhkan, terdiri dari 97 Wisudawan Sarjana Terapan dan 56 Wisudawan Diploma 3. Wisuda ke-16 ini diselenggarakan secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) di Ruang Auditorium lt. 6 Gedung Pascasarjana PENS dengan dihadiri oleh tamu terbatas serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Kegiatan langsung dibuka oleh Ketua Senat PENS, Dr. Tri Budi Santoso, S.T., M.T. Wisudawan yang didampingi oleh keluarganya masing-masing, secara seremonial memindahkan tali topi toga ke kanan setelah resmi dikukuhkan oleh Direktur PENS. Selanjutnya nama wisudawan dibacakan satu persatu oleh setiap Kepala Program Studi. Disamping itu, wisudawan juga mengucapkan janji wisudawan secara bersama-sama.

Dalam kesempatan ini, Dr. Zainal Arief, S.T., M.T. selaku Direktur PENS turut memberikan sambutan dan amanat kepada wisudawan. Dalam sambutannya, Dr. Zainal berharap lulusan PENS selalu menerapkan kebiasaan Jujur, Orisinil, Semangat, dan Santun (JOSS) yang selama ini menjadi motto PENS. “Selamat menjadi lulusan PENS yang JOSS, selanjutnya kita harus berkontribusi semaksimal mungkin dimanapun dan kapanpun,” tutur Dr. Zainal.

Wisudawan PENS juga dituntut untuk mengimplementasikan ilmu keterampilan, baik hard skill maupun soft skill pada saat berada di Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA). Tidak hanya itu, didalam berkarya nantinya harus turut dilandasi dengan akhlak dan sikap yang baik. “yang terpenting adalah akhlak yang baik, karena akhlak ini yang menuntukan potensi yang ada bisa bermanfaat atau tidak,” tambah Direktur PENS.

Prosesi wisuda ini tentunya memberikan rasa bangga bagi wisudawan, karena telah menyelesaikan pendidikannya selama ini. “Yang pasti senang, akhirnya bisa diwisuda tepat waktu meskipun wisuda digelar secara daring,” ungkap Ni Made Lintang Asvini Dewi, salah satu wisudawan. Diharapkan ilmu yang didapat oleh wisudawan dapat bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat luas.(raf)