Surabaya, pens.ac.id – Sebagai bentuk upaya mendukung pendidikan vokasi, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) bersama dengan Riliv usai menghelat webinar yang bertajuk “Pentingnya Pendampingan Karier dan Pembelajaran Untuk Kesuksesan Pendidikan Vokasi”. Kegiatan kali ini mendatangkan Florentina Yuni Apsari, M.Psi., Psikolog dan Graheta Rara Purwasono, M.Psi., Psikolog sebagai narasumber. Diselenggarakan secara daring pada Kamis (18/3), webinar ini terbuka untuk seluruh Politeknik se-Indonesia dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Jawa Timur.

Kegiatan dimulai dengan sambutan oleh Direktur PENS, Dr. Zainal Arief, S.T., M.T. Dalam sambutannya, Dr. Zainal Arief mengapresiasi atas diselenggarakannya kegiatan ini. Tema yang diangkat kiranya dapat memberikan wawasan kepada lulusan politeknik atau SMK dalam mempersiapkan diri pada dunia usaha dan dunia kerja. “Sesuai dengan tema ini, para lulusan yang telah menyelesaikan pendidikan bisa memiliki kesempatan yang besar berkontribusi di dunia usaha dan kerja,” Ujar Dr. Zainal.

Agenda dilanjutkan dengan pemberian materi pertama dengan topik bahasan mengenai pembimbingan dan pelatihan menghadapi dunia kerja. Materi tersebut disampaikan oleh Florentina Yuni Apsari, M.Psi., Psikolog. Dalam materinya, ditekankan mengenai pengembangan soft skill bagi lulusan pendidikan vokasi yang masih perlu ditingkatkan. “Lulusan vokasi sudah punya hard skill yang baik, tapi harus diimbangi dengan soft skill,” tutur Yuni.

Materi berikutnya membahas mengenai membangun ekosistem yang sehat jiwa di lingkungan pendidikan vokasi. Graheta Rara Purwasono, M.Psi., Psikolog yang menyampaikan materi ini, menuturkan bahwa pentingnya peran kesehatan mental sebelum terjun ke dunia kerja. Setelah kedua materi disampaikan, terdapat sesi terakhir yakni tanya jawab bersama narasumber. Partisipan yang hadir tampak antusias, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada kedua narasumber.(raf)