Surabaya, pens.ac.id – Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah usai dilaksanakan selama tiga hari (5-7/3). Kegiatan ini diikuti oleh Mahasiswa Program Studi D3 Teknik Informatika dan D3 Multimedia Broadcasting dari PSDKU Lamongan maupun Sumenep. Pemandu PENS sebagai panitia berhasil menyelenggarakan secara daring melalui Zoom Video Conference dengan mengusung tema Menciptakan Mahasiswa yang Profesional serta Bisa Bekerja Sama “METAFORA”.

Dimulai pada hari Jumat dengan agenda Technical Meeting, yang mana mahasiswa dikenalkan dengan pemandu PENS melalui penayangan video. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembacaan dan persetujuan kontrak belajar selama pelaksanaan LKMM-TD tiga hari kedepan. Pada hari kedua dan ketiga, peserta menerima materi mengenai manajemen organisasi dan kegiatan, mulai dari analisis kondisi lingkungan, perumusan gagasan awal, tolok ukur keberhasilan dan  perencanaan jadwal kegiatan. Tidak kalah pentingnya, materi tentang pengorganisasian kegiatan kepanitiaan, komunikasi antar unit kerja, standar administrasi umum, hakikat motivasi, pengambilan keputusan, pengendalian konflik serta teknik penyusunan usulan kegiatan juga turut diberikan.

Terdapat sesi diskusi di setiap materi yang disampaikan serta terdapat pula ice breaking untuk mencairkan suasana dan menyegarkan kembali pikiran peserta. Juga turut diberikan simulasi setelah semua materi disampaikan agar peserta dapat mempraktikkannya secara langsung. Dalam kegiatan kali ini, Salsabil Tsabita, Mahasiswa Program Studi D3 Multimedia Broadcasting PSDKU Lamongan sebagai peserta merasa mendapatkan manfaat dari diadakannya LKMM-TD. “Materi yang disampaikan cukup banyak, namun ini akan sangat bermanfaat bagi kami kedepannya dalam berorganisasi maupun mengadakan kegiatan,” ujar Salsabil.

Dalam penyelenggaraannya, kegiatan ini sempat mengalami kendala platform dan kemudian beralih menggunakan alternatif platform lainnya. Meskipun terdapat kendala, Deanggi Thesa Efendi selaku panitia berharap proses penyampaian materi dapat dipahami oleh peserta dengan baik. “Kami berharap dengan adanya kegiatan ini mahasiswa PSDKU dapat memiliki sikap profesional dan bekerja sama yang baik serta bisa mengimplementasikan materi yang sudah didapat baikk untuk organisasi maupun mengadakan kegiatan,” pungkasnya.(irf/raf)