Surabaya, pens.ac.id – Guna memberikan bekal kepada mahasiswa agar mampu untuk memanajemen suatu kegiatan dan kerjasama tim yang baik, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menghelat Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) secara virtual melalui Microsoft Teams. Kegiatan yang difasilitasi oleh setiap Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) di PENS dikhususkan bagi seluruh mahasiswa angkatan 2020. Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu dan Minggu selama empat gelombang (6-28/2).

LKMM-TD merupakan tahap lanjutan dari mahasiswa baru yang telah dinyatakan lulus pada LKMM Pra-TD. Sehari sebelum kegiatan dimulai, terdapat pelaksanaan Technical Meeting (TM) guna memberikan arahan mengenai mekanisme kegiatan terhadap peserta. Dimulai pada pukul 06.00 WIB pada keesokan harinya, para mahasiswa disuguhkan dengan berbagai materi guna memperkaya ilmu mereka. Materi yang diberikan kepada peserta antara lain Analisa Kondisi Lingkungan, Perumusan Masalah Awal, Tolok Ukur Keberhasilan, Perencanaan Jadwal Kegiatan, Pengorganisasian Kegiatan/Kepanitiaan, Komunikasi Antar Unit Kerja, Penjabaran Gagasan Awal, Teamwork, Standar Administrasi Umum, Motivasi, Pengendalian Konflik, Teknik Penyusunan Usulan Kegiatan, dan Sponsorship.

Mengusung tema yang berbeda-beda pada setiap HMJ, kegiatan dimulai dari gelombang pertama yang dilaksanakan oleh HIMA Sistem Pembangkit Energi (HIMA Energi) dan Departemen Teknologi Multimedia Kreatif (DTMK) pada (6-7/2). Selanjutnya, HIMA Telekomunikasi (HIMA Telkom) dan HIMA Teknik Informatika (HIMIT) mendapat giliran di gelombang kedua pada (13-14/2). Disusul dengan HIMA Elektronika Industri (HIMA Elin) dan HIMA Mekatronika (HIMA Meka) pada (20-21/2). Kegiatan LKMM-TD kali ini ditutup dengan perhelatan gelombang terakhir oleh HIMA Elektronika (HIMA Elka) dan HIMA Teknik Komputer (HMCE) yang diselenggarakan pada (27-28/2). “Banyak pilihan tema, namun kita memilih tema Avenger yang menggambarkan kerjasama tim yang kuat agar menunjang skill mereka,” ucap Bening Safitri sebagai Ketua Panitia HIMA Multimedia Broadcasting PENS.

Dengan diadakannya LKMM-TD ini, rupanya dapat menjadi bekal baru bagi para mahasiswa dalam perjalanan menuju masa depannya masing-masing. Mempelajari berbagai hal yang dibutuhkan dalam mengatur sebuah acara dan menangani berbagai masalah yang timbul, menjadi bukti nyata dari pentingnya dihelatnya kegiatan tersebut. “Kami berharap agar kegiatan LKMM dapat memberikan ilmu baru untuk para mahasiswa baru dan dapat di implementasikan pada kehidupan mereka,” pungkas Ryanda Andi Alamsyah selaku Bakoor Pemandu PENS. (jes/kik)