Surabaya, pens.ac.id – Himpunan Mahasiswa (HIMA) Telekomunikasi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menggelar Job Interview Workshop 2021 pada Sabtu (27/02). Kegiatan yang bertajuk “Excellent Interview for Brighter Career” turut menghadirkan dua tamu undangan, yakni Adrian Kusuma Raharjo selaku Resource Business Partner PT Huawei Tech Investement dan Oktifano Winarto, M.A. selaku Head of People and Culture, JD Consulting, part of Crea Indonesia. Berlangsung secara daring melalui aplikasi Zoom Video Conference, kegiatan ini terbuka untuk umum.

Digelar sejak pukul 09.00 WIB, serangkaian kegiatan diawali dengan penyampaian kata sambutan oleh Salwa Aribah selaku Penanggung Jawab Kegiatan dan Syah Fareizi selaku Ketua HIMA Telekomunikasi. Selain itu, Ketua Program Studi D4 Teknik Telekomunikasi, Moch. Zen Samsono Hadi, S.T., M.Sc., Ph.D. dan Haryadi Amran Darwito, S.ST., MT. yang merupakan Ketua Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi turut hadir serta memberikan sambutan dalam kegiatan ini. “Harapannya kegiatan ini dapat menjadi langkah terobosan untuk tetap bisa memanfaatkan sekecil apapun kesempatan itu,” ungkap Haryadi Amran Darwito.

Memasuki acara inti, pembicara pertama, yakni Adrian Kusuma Raharjo menyampaikan materi bertajuk “Kesan Pertama Interviewer terhadap Fresh Graduate”. Dalam pemaparannya, pemateri mengenalkan fungsi human resources secara umum, jenis rekrutmen suatu perusahaan dan proses interview, serta membagikan tips and trick menghadapi wawancara. Berikutnya, Oktifani Winarni, M.A. selaku pemateri kedua menjelaskan secara terperinci mengenai materi yang mengusung tema “Teknis Menghadapi Interview”. Penjelasan dari kedua pemateri tersebut disambut dengan antusias oleh para partisipan, yang mana hal ini tampak ketika peserta diberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab dengan pemateri.

Setelah penyampaian seluruh materi dan sesi break usai, terdapat simulasi yang dipandu oleh Oktifani dengan melibatkan seluruh peserta. Simulasi tersebut berupa pembicara kedua sebagai pewawancara dari sebuah perusahaan sedangkan para peserta sebagai pelamar kerja. Para peserta secara bergantian menjawab pertanyaan yang telah disediakan dan nantinya akan diberikan masukan oleh Oktifani. Diharapkan dengan adanya workshop ini dapat meningkatkan persiapan para peserta dalam menghadapi interview dalam dunia kerja.  (ten/kik)

wpChatIcon
EnglishIndonesian