Surabaya, pens.ac.id – Dalam rangka memperluas akses pendidikan tinggi vokasi Indonesia di luar negeri, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Jepang melakukan penandatanganan Memorandum of Cooperation (MoC). Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu (24/2), mengusung tema “Sinergi Politeknik dan KBRI Dalam Memperluas Akses Pendidikan Tinggi Vokasi di Luar Negeri”. Penandatangan dilakukan langsung secara virtual oleh Dr. Zainal Arief, S.T., M.T. selaku Direktur PENS bersama dengan Duta Besar Indonesia untuk Jepang, yakni Ir. Heri Akhmadi.

Dalam kegiatan ini, turut hadir Dr. Benny Bandanadjaja, S.T., M.T. selaku Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi, Dr. Gatot Hari Priowirjanto selaku Koordinator SEAMEO Center, dan Perwakilan Kepala Sekolah SMK Se-Indonesia. Memasuki agenda pertama, Direktur PENS mengawali dengan memberikan kata sambutan. Dalam sambutannya, Dr. Zainal Arief menyampaikan tentang perkembangan kampus PENS, sistem pembelajaran di politeknik, dan sistem pendidikan jarak jauh.

Setelah itu, agenda dilanjutkan dengan  sambutan oleh Dr. Gatot Hari, yang mamaparkan mengenai program SEAMEO Center berupa pengembangan sub kampus PENS SEAMEO diberbagai daerah di Indonesia hingga luar negeri. Sambutan berikutnya disampaikan oleh Dr. Benny Bandanadjaja, yang turut mengapresiasi atas terjalinnya kerja sama dibidang pendidikan vokasi antara PENS dengan KBRI Jepang. “Saya sangat menyambut baik langkah yang sudah diambil PENS dan KBRI Jepang, dengan membuka kesempatan bagi WNI yang ada di Jepang untuk bisa mengenyam pendidikan,” ujar Dr. Benny.

Duta Besar Indonesia untuk Jepang turut menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama yang terjalin dengan PENS. Mengingat jumlah Warga Negara Indonesia yang berada di Jepang sudah lebih dari 66 ribu, dimana mayoritas melakukan magang kerja. Melalui kerjasama dengan PENS, harapannya dapat memberikan pendidikan tambahan bagi pemagang Indonesia di Jepang, sehingga dapat meningkatkan kualifikasinya sebagai Specified Skilled Worker (SSW).(raf)