Surabaya, pens.ac.id – Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Direktur (P3CD) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) 2021-2025 usai melaksanakan Penjaringan Calon Direktur pada Kamis (4/2). Kegiatan ini diikuti oleh Civitas Akademika PENS mulai dari dosen, tenaga kependidikan, dan perwakilan mahasiswa dengan total 459 pemilih. Dihelat secara daring melalui Software e-Vote, pemilihan kali ini terdapat lima nama calon Direktur PENS 2021-2025 yang telah memenuhi kriteria.

Pada penjaringan dan penyaringan direktur kali ini disiapkan secara optimal oleh panitia, termasuk yang paling krusial adalah media yang digunakan dalam pemilihan. Software yang digunakan dalam pemilihan calon Direktur PENS ini, dilengkapi dengan VPN PENS dan OTP yang dikirim ke setiap pemilih sebelum melakukan pemilihan melalui aplikasi WhatsApp untuk menjaga keamanan data. Tim pakar bidang cyber security dan Ketua Unit Jaringan PENS juga turut melakukan review pada software sebelum digunakan oleh pemilih.

Hasil perhitungan pada Penjaringan dan Penyaringan Direktur kali ini menunjukkan hasil pembobotan tertinggi diraih oleh calon nomor urut 1 atas nama Aliridho Barakbah, S.kom., Ph.D. yang unggul dengan total pembobotan sebesar 382, disusul dengan Tri Harsono, S.Si, M.Kom., Dr. Indra Adji Sulistijono, ST., M.Eng., Dr. Rusminto Tjatur Widodo, ST., dan Novie Ayub Windarko, ST., MT., Ph.D. Tahapan selanjutnya yakni tim P3CD akan melaporkan hasil perhitungan ke Senat Akademik PENS. Dari hasil tersebut, tiga nama calon Direktur PENS akan diajukan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI), untuk dilakukan pemilihan Direktur PENS dalam Sidang Senat Tertutup bersama Menteri atau yang mewakili.

Angka partisipasi pada pemilihan calon direktur kali ini yang mencapai 90% menggambarkan tingginya antusiasme para partisipan. Dengan memanfaatkan teknologi canggih yakni teknologi software e-Vote, memberikan contoh penggunaan teknologi tepat guna yang cocok digunakan saat pandemi saat ini. Besar harapan para pemilih bagi calon Direktur PENS yang terpilih, kedepannya agar mampu menjadi sosok hebat dibalik keberhasilan PENS dimasa mendatang. “Harapannya siapapun yang terpilih yang jelas beliau adalah sosok yang hebat yang rela menyediakan waktu dan tenaganya untuk memikirkan Kemajuan PENS kedepan,” harap Mohamad Safrodin, B.SC., M.T. selaku ketua P3CD.(tan/raf)