Surabaya, pens.ac.id – Mahasiswa tingkat akhir Jenjang Sarjana Terapan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah menyelesaikan Seminar Proyek Akhir (PA) Tahap 1 yakni pemaparan progress PA. Berlangsung secara daring melalui Zoom Video Conference, kegiatan dilaksanakan sejak hari Kamis (28/1), dan dihadiri oleh mahasiswa, dosen penguji, serta dosen pembimbing. Berbagai persiapan matang telah dilakukan oleh mahasiswa demi menuntaskan tahapan-tahapan menuju sidang akhir PA.

Dimulai dari menyiapkan berkas-berkas pendukung seperti lembar persetujuan dosen pembimbing, surat kesertaan TOEFL, buku PA, hingga video presentasi dan video proyek akhir demo. Sebelum memasuki room sidang, mahasiswa akan dikumpulkan terlebih dahulu ke dalam breakout room. Pada saat giliran tiba, mahasiswa akan diarahkan untuk memasuki room sidang dan melakukan presentasi singkat selama lima menit dengan menggunakan bahasa inggris. Setelah presentasi dilakukan, dosen penguji akan memberikan beberapa pertanyaan dalam sesi tanya jawab.

Peran dosen pembimbing dalam pengerjaan PA yakni memberikan kritik dan arahan terhadap proyek akhir serta turut menginterpretasikan saran-saran oleh dosen penguji ketika sidang berlangsung. Kelancaran sidang progress PA tahap 1 ini tidak lepas dari arahan serta campur tangan dosen pembimbing. “Peranan dosen pembimbing dalam memberikan arahan dan saran terhadap proyek akhir sangatlah penting sehingga sidang kali ini bisa berjalan lancar,” ujar Mochamad Fadhila Rais, salah satu mahasiswa Program Studi D4 Mekatronika yang telah mengikuti kegiatan tersebut.

Berada ditengah kondisi pandemi seperti ini, rupanya tidak menghambat keberlangsungan serta semangat dari para mahasiswa. Meski dilaksanakan secara daring, namun mahasiswa juga tetap harus menyelesaikan TA yang merupakan salah satu syarat wajib kelulusan. “Alhamdulillah, sidang PA tahap 1 saya rasa tekanannya sedikit berkurang karena dilaksanakan secara online, tapi kewajiban sebagai mahasiswa untuk menyelesaikan TA juga harus diselesaikan agar dapat menuntaskan PA untuk sidang akhir,” pungkas Erwin Setiyawan, Mahasiswa D4 Teknik Komputer. (irf/kik)