Surabaya, pens.ac.id – Sebagai sarana apresiasi mahasiswa atas ide kreatifnya secara nyata dalam sebuah produk teknologi inovatif dan kompetitif, D’TIK Festival 2021 sukses digelar oleh Departemen Teknik Informatika dan Komputer Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Kegiatan berlangsung secara virtual pada Selasa (19/1), dan dilihat langsung melalui channel YouTube DTIK Fest. Mengusung tema “ Modern dan Teknologi ”, D’TIK Fest 2021 diikuti oleh 105 peserta yang terdiri dari 57 mahasiswa Program Studi Teknik Informatika dan 48 mahasiswa Program Studi Teknik Komputer semester 5.

Master of ceremony membuka Pameran DTIK 2021 pada pukul 09.00 WIB, dan diawali dengan melantunkan lagu Indonesia Raya dan Hymne PENS. Kegiatan dengan pemaparan ikhtisar acara oleh Desy Intan Permatasari, S.Kom, M.Kom dan penyampaian laporan teknis D’TIK Fest 2021 oleh Mohammad Imam Wahyuda yang merupakan ketua panitia. Berikutnya, Direktur PENS, Dr. Zainal Arief, ST, MT, dan Kepala Departemen Teknik Informatika dan Komputer, Tri Harsono, S.Si, M.Kom., Ph.D. turut hadir dan memberikan kata tertentu. “Harapannya semoga dengan acara ini dapat memberi manfaat, khususnya bagi mahasiswa PENS, dan memberikan inspirasi bagi politeknik lain untuk mengajukan Indonesia dan rekomendasi dari kurikulum yang berbasis dual system , ”ujar Direktur PENS.

Pada kesempatan kali ini, sebanyak 23 tim berkompetisi untuk memperebutkan berbagai kejuaraan dalam ajang D’TIK Fest 2021. Ada 10 tim mahasiswa Teknik Informatika, di antaranya KATrips, CUCI-IN, Antrian Sehat, Square Checks , Guwudang.in, DolanKuy, AssetNest, College Asset Reservation Assistant (CLARA), Hotelin, dan Bengkel Jadi Online (BENJOL). Sementara mahasiswa Teknik Komputer mengirimkan total 13 tim yakni Terminal Mini dengan Scan Code QR (TERMINALSCOR), Management and Monitoring Infusion (MAMOI), Automatic Cat Feeder (ACED), Auto Bookshelf , Water CIP,Sajadah with Automatic Counter (SAACO), GO-Operation , Health Monitoring System (HEMOSYS), Katara, Panoptes Insight , School-Social Distancing Keeper (Scheeko), Smart Irigasi (SATGAS), dan Electromaid.

Hal yang ditunggu-tunggu pun tiba, yakni puncak kegiatan berupa pengumuman pemenang. Penghargaan pada D’TIK Fest 2021 tergolong menjadi delapan kategori untuk Program Studi Teknik Informatika dan dua kategori untuk Program Studi Teknik Komputer . Setelah itu, terdapat mempersembahkan  doorprize  kepada 50 peserta yang beruntung dan diumumkan melalui akun resmi Instagram D’TIK Fest 2021, serta penyampaian sepatah dua kata dari perwakilan dewan juri sebagai simbolis yang berakhirnya acara ini. Meski acara tersebut telah selesai, namun akses Virtual Exhibition DTIK FEST 2021 akan tetap dibuka hingga Jumat (19/2). (ten/raf)