Surabaya, pens.ac.id РGuna meningkatkan prestasi mahasiswa, Politeknik Elektronika  Negeri Surabaya (PENS) terus mengupayakan berbagai jenis kegiatan. Melalui Kementerian Riset dan Teknologi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), PENS usai menggelar Sosialisasi dan Sharing Mahasiswa Berprestasi pada Sabtu (16/1), secara daring melalui Cisco Webex Meeting. Muhammad Alan Nur yang merupakan juara pertama pada Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) program Diploma tahun 2020 hadir sebagai pembicara pada kegiatan kali ini.

Sosialisasi dan Sharing Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun menjelang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi PENS. Pada pembukaan kegiatan, Dimas Okky Anggriawan, S.T., M.T. selaku Tim Kemahasiswaan bidang Pusat Penalaran dan Kreativitas Mahasiswa PENS turut memberikan sambutan. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Sharing Session oleh Muhammad Alan Nur yang membagikan pengalaman selama mengikuti Pilmapres 2020 dan kerja kerasnya menjadi mahasiswa berprestasi PENS.

Mahasiswa yang kerap disapa Alan ini, memberikan informasi mengenai berbagai tahapan seleksi Pilmapres mulai dari Computer Based Test (CBT), presentasi karya ilmiah, wawancara, hingga Leaderless Group Discussion. Menurutnya, meskipun Pilmapres 2020 tidak terlalu mengesankan karena diselenggarakan secara online, tetapi masih memberinya banyak pengalaman baru yang berharga bagi kehidupannya. Alan juga memberikan referensi beberapa kompetisi lain baik Nasional maupun Internasional yang dapat diikuti oleh mahasiswa PENS.

Sesi tanya jawab menjadi penutup kegiatan kali ini, dimana peserta memberikan pertanyaan dari berbagai aspek mulai dari cara membagi waktu, cara bergaul, hingga cara optimalisasi kemampuan diri. Gelaran kali ini, diharapkan mampu menjadi motivasi bagi mahasiswa PENS untuk mengikuti ajang Pilmapres atau setidaknya meningkatkan minat dalam mengikuti kompetisi. Alan juga menegaskan agar peserta pada kegiatan ini mampu meningkatkan potensi pada dirinya masing-masing dengan tidak takut untuk mencoba serta tidak mudah berputus asa. (tan/raf)