Surabaya, pens.ac.id – Guna mengenalkan ragam kegiatan prestasi mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), pada Rabu (30/12), Kementerian Riset dan Teknologi (Ristek) BEM PENS usai menghelat kegiatan Sharing Session bertajuk “The Heroes of PENS”. Kegiatan yang dihadiri oleh mahasiswa angkatan tahun 2020 ini dilaksanakan secara daring melalui Webex video conference. Sebagai narasumber, Tim KMHE, KOMURINDO-KOMBAT, KRI, dan KRTI turut memberikan pemaparan mengenai jobdesk dan berbagai penghargaan yang telah diraih.

Dikenal dengan julukan Kampus Tradisi Juara, membuat jiwa kompetitif dari setiap mahasiswa kian meningkat. Oleh karena itu, kegiatan ini digelar untuk menyalurkan semangat terhadap mahasiswa baru angkatan 2020. Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan PENS, Dr. Ir. Anang Tjahjono, MT. ikut memberikan sambutan untuk mengawali kegiatan. “Bekerja keras, kerja cerdas, kreatif, menuntaskan apa yang telah dikerjakan serta menerima dengan ikhlas apapun hasil yang didapat akan membuat kita menjadi juara yang sesungguhnya,” tuturnya.Tidak hanya itu, pada kesempatan kali ini juga turut mendatangkan Dimas Oky Anggriawan S.T., M.T. selaku Tim Kerja Pembinaan Penalaran yang turut andil dalam berbagai kegiatan prestasi PENS.

Memasuki inti kegiatan, terdapat agenda pembacaan materi oleh perwakilan Tim Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) yang memberikan informasi khusus tentang UKM Mobil Hemat Energi dan Tim Chapens. Beberapa waktu lalu telah usai digelar KMHE 2020 dan tim tersebut berhasil menyabet Juara 2 dalam kategori Prototype pada Kriteria Motor Listrik dan Sistem Kontrol. Selanjutnya Tim Kompetisi Muatan Robot Indonesia dan Wahana Sistem Kendali – Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (KOMURINDO-KOMBAT) yang diselenggarakan oleh LAPAN RI. Tim dibawah naungan Dirgantara PENS ini berhasil meraih Juara Umum KOMURINDO KOMBAT 2018-2019. Kedepannya tim ini akan menargetkan berbagai kontes nasional maupun internasional.

Tim yang ketiga adalah Tim Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) yang terbagi menjadi empat divisi, yakni KRTI PENS Eepis Airflame Robot (EARO), Eepis Spy Aeroplane Robot (ESPYRO), Eepis Multirotor Research (EMIRO), Eepis Flying Robot For Indonesia (EFRISA). Memiliki 3 Technology Development yakni Airframe, Propulsi, Flight Control, menjadikan EFRISA tidak kalah saing dengan divisi KRTI lainnya. Kegiatan ditutup dengan presentasi oleh Tim Kontes Robot Indonesia (KRI) yang sering kali memborong gelar juara pada kontes tersebut. Terbagi atas empat divisi, yaitu Tim Eepis Robot Intelligent Sense of Art (ERISA), Eepis Intelligent Legged Robot (EILERO), Eepis Robot Soccer (EROS), dan Eepis Robot Soccer on Wheeled (ERSOW), setiap tahunnya Tim KRI tidak henti-hentinya untuk terus torehkan prestasi berskala nasional hingga internasional. Dengan dihelatnya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa baru dapat mengenal lebih jauh tentang berbagai torehan prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa PENS dan ikut termotivasi untuk turut menyumbangkan prestasinya dikemudian hari. (jes/kik)