Badung, pens.ac.id – Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Muqorroba Lada Sattar sukses menorehkan prestasi dalam ajang FESTIKA IV yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali Kampus Jimbaran. Puncak kegiatan yakni pengumuman pemenang pada Minggu (20/12), berhasil menobatkan mahasiswa Program Studi Teknik Informatika tersebut sebagai Juara 1 Kategori Web Design. Kegiatan awarding kompetisi nasional ini, berlangsung secara offline yang bertempat di Hall ITB STIKOM Bali Kampus Jimbaran.

Mengusung tema “Tetap Juara Meski di Rumah Saja”, FESTIKA tahun ini menghadirkan lima kategori perlombaan diantaranya kompetisi Game Developer, Web Design, Design Logo FESTIKA, Film Pendek, dan kompetisi PUBG Mobile. Pada kesempatan ini, mahasiswa PENS yang kerap disapa Sattar ini memilih kategori kompetisi Web Design, karena menurutnya kategori tersebut sesuai dengan kemampuan yang dia miliki. Persiapan dilakukannya mulai dari mencari inspirasi desain, membuat mockup, slicing design, dan latihan presentasi.

Tahap penyisihan yang diikuti berlangsung secara daring, sedangkan tahap final yakni presentasi dan tanya jawab mengenai website yang dibuatnya berlangsung secara offline. Sattar berhasil menyisihkan empat finalis lainnya dan keluar menjadi juara utama pada kontes ini. Produk yang mengantarkan Sattar unggul dari peserta lainnya yaitu Website yang menyediakan jasa digital marketing untuk startup, company, dan sejenisnya.

Kesiapan yang matang menjadi kunci utama dalam mengikuti kegiatan ini, sehingga dalam pelaksanaannya Sattar tidak mengalami kendala hingga kompetisi usai diikutinya. Kemenangan yang didapatkan tentu memberikan kebahagiaan bagi Sattar, selain karena skill yang dimilikinya dapat menjadi sebuah prestasi, juga dapat mengharumkan nama PENS dengan menjadi juara nasional. Sattar berharap, prestasi ini dapat memotivasi mahasiswa PENS untuk mengikuti kompetisi yang disukai dan mampu untuk diikuti. “Menang ataupun kalah itu suatu hal yang tidak perlu dipikirkan, yang utama adalah mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki,” ungkapnya.(tan/raf)