Surabaya, pens.ac.id – Pandemi Covid-19 tidak menjadi halangan bagi mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) torehkan prestasi. Kali ini, Tim CERPENS yang terdiri dari dua mahasiswa program studi Teknik Komputer berhasil membawa nama baik PENS di kancah nasional pada ajang Mechanical Engineering Competition (MECO) 2020 kategori poster. Tim CERPENS berhasil meraih juara 1 pada kompetisi yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Surabaya (UNESA) ini. Pemenang diumumkan pada Kamis (10/11), secara daring melalui akun Instagram resmi MECO UNESA.

Lomba poster online dari MECO UNESA 2020 ini, merupakan ajang media informasi untuk mengkomunikasikan suatu pesan guna mendorong semangat literasi dengan kemampuan kritis dan inovatif. Kompetisi yang diikuti oleh Tim CERPENS yang beranggotakan Dhiska Twinda Rhamadhaningrum dan Ika Roikhanah melombakan poster karya mereka mengenai produk Mosque Monitoring System (MONITERA) yang sesuai dengan tema perlombaan yakni “Kontribusi Generasi Milenial Selama Pandemi Covid-19 Menuju Indonesia Emas 2024”. Produk pada poster ini, dilatar belakangi oleh keresahan mereka terhadap banyaknya orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan pengecekan protokol kesehatan yang kurang efisien.

Persiapan dilakukan dengan membuat content writing, kemudian divisualisasikan dalam bentuk poster. Meskipun sempat terhambat saat penggambaran skenario pengujian sistem, namun mereka tetap berupaya menghasilkan poster sebaik mungkin. Dengan berisikan mengenai inovasi sistem pengecekan protokol kesehatan tanpa kontak fisik, poster tersebut berhasil menobatkan Tim CERPENS menjadi juara utama pada kompetisi kali ini.

Kemenangan ini tentu menjadikan Tim CERPENS bangga, karena mampu berkontribusi dengan maksimal membawa nama PENS. Mereka berharap seluruh mahasiswa PENS tetap bersemangat dalam berinovasi meskipun disaat pandemi seperti ini. “Banyak hal positif yang masih bisa dilakukan meskipun sekarang penuh dengan keterbatasan, teruslah berinovasi sesuai dengan bidang kalian masing-masing”, ujar Ika salah satu anggota Tim CERPENS. (tan / msa)

wpChatIcon
EnglishIndonesian