Surabaya, pens.ac.id – Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali mencetak prestasi pada ajang Multimedia and Game Event (MAGE) VI yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Komputer Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Berlangsung secara daring pada Minggu (15/11), Tim FEIRA yang terdiri dari tiga mahasiswa Program Studi Teknik Elektronika PENS berhasil meraih Juara 3 Development Competition dalam kategori Internet of Things (IoT). Mengusung tema “Embrace a New Normal Life”, kompetisi ini diikuti oleh mahasiswa aktif dan siswa SMA/sederajat dari berbagai daerah di Indonesia.

Merupakan event tahunan yang bergerak di bidang teknologi, MAGE VI ini terbagi menjadi tiga kategori perlombaan antara lain E-sport, Olimpiade, dan Development Competition. Dalam bidang Development Competition terdapat tiga tahapan seleksi mulai dari tahap pengumpulan proposal, tahap pengumpulan karya dan video, hingga tahap akhir berupa presentasi. Seluruh tahapan tersebut dipersiapkan dengan matang oleh Tim FEIRA PENS yang beranggotakan Heri Nur Alim, Yohanes Dimas Tirta Tri Wicaksono, dan Muhammad Iqbal Millyniawan Pradana.

Sesuai dengan tema yang diusung, Tim FEIRA menciptakan sebuah alat yang dapat membantu dalam kehidupan new normal yakni HANDY (Health Attendance Machine for Worker Based on RFID and Internet of Things). Alat yang berbentuk gelang ini memiliki beberapa sensor sesuai dengan protokol pengecekan kesehatan, seperti sensor suhu, sensor detak jantung, dan sensor kadar oksigen dalam darah (SpO2) serta dilengkapi dengan Radio Frequency Identification (RFID). HANDY ditujukan bagi tenaga kerja kantor atau pabrik, yang memiliki cara kerja dengan mendekatkan alat tersebut pada sebuah RFID reader, kemudian secara otomatis kondisi kesehatan serta kehadiran para pekerja akan masuk ke dalam database. “Dengan adanya alat ini, maka pengecekan kesehatan dapat lebih cepat dan dapat disatukan dengan sistem absen karyawan,” ungkap Heri Nur Halim.

Pada puncak kegiatannya, tedapat pengumuman pemenang lomba yang disiarkan secara langsung melalui channel YouTube MAGE ITS. Tim FEIRA berhasil dinyatakan sebagai Juara 3 pada kategori yang dilakoninya. Dengan adanya prestasi ini, diharapkan dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa PENS untuk terus berkarya meskipun di tengah pandemi Covid-19. “Walaupun semua serba online kita harus bisa untuk tetap produktif dalam mengikuti kompetisi seperti ini, dan tetap semangat,” imbuhnya. (ten/kik)

wpChatIcon
EnglishIndonesian