Surabaya, pens.ac.id –  Tim Chapens Proto-Volta sukses suguhkan performa terbaiknya dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2020 yang dilaksanakan secara daring pada Senin (30/11). Bersaing dengan 110 tim dari 74 perguruan tinggi di seluruh Indonesia, Tim Chapens berhasil mengharumkan nama PENS dengan meraih Juara II dalam kategori Prototype pada Kriteria Motor Listrik dan Sistem Kontrol. Chapens mampu taklukkan delegasi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yakni Khad Eco Team yang keluar sebagai Juara III dan harus tunduk dengan keunggulan Rakata Electric milik Institut Teknologi Bandung.

Keberhasilan Tim Chapens dalam kompetisi tingkat Nasional ini tentunya tidak luput dari dukungan beberapa pihak yang ikut andil didalamnya, salah satunya Ony Asrarul Qudsi, S.T, M.T. yang turut memberi arahan dan juga bimbingan. Tim ini dipilih melalui proses seleksi dari Dosen Pembimbing Mobil Hemat Energi sesuai dengan kebutuhan tim antara lain kontrol dan elektrik, propulsi, mekanik, driver, serta non teknis. “Kesulitan yang cukup mendasar adalah penyesuaian waktu penegerjaan dengan waktu kuliah anggota tim. Dengan atmosfir akademik seperti di PENS maka kami sebagai pembimbing harus jeli dalam memanage waktu antara tim dan kebutuhan akademik mahasiswa,” ujar Ony Asrarul.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, perhelatan KMHE tahun ini tidak diadakan race mobil dan lebih mengedepankan konsep dari mobil hemat energi. Tim PENS berhasil membuat sebuah inovasi mulai dari pembaharuan bentuk body dan mekanik mobil agar lebih aerodinamis serta pembaruan metode kontrol yang saat ini mereka gunakan yakni metode Soft Starting, Field Oriented Control (FOC), dan Space Vector Modulation (SVM) yang membuat penggunaan energi dapat lebih efisien.

Selain itu, mereka berharap agar kedepannya dapat terus mengukir prestasi bagi PENS baik di kancah Nasional hingga Internasional. “Harapan saya, selain berajang dalam kontes nasional (KMHE), kami juga diberi kesempatan untuk mengikuti kontes internasional, yaitu Shell Eco Marathon (SEM) dalam waktu sesegera mungkin,” harap Nibras Syarif Ramadhan selaku Manager Tim Chapens. (jes/kik)