Surabaya, pens.ac.id – Webinar kuliah umum bertajuk “Jiwa Kreativitas dan Inovatif Mahasiswa Menuju Kemandirian Bangsa di Era Transformasi Digital” telah usai dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian dari Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-33. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu (28/11), secara daring melalui aplikasi Zoom Video Conference dan disiarkan langsung di channel YouTube Universitas Gajah Mada. Diharapkan dengan adanya webinar tersebut para peserta dapat termotivasi untuk membangkitkan jiwa kreativitas dan inovatif dalam mengembangkan sebuah produk industri.

Dimulai pada pukul 08.30 WIB oleh pembawa acara, kegiatan diawali dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh rektorat Universitas Gajah Mada (UGM), yaitu Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU, ASEAN Eng. Dalam sambutannya, rektorat UGM turut menyampaikan ungkapan terima kasih atas partisipasinya narasumber, panitia, tim juri, dan para peserta finalis PIMNAS ke-33 dalam kegiatan webinar kuliah umum. Terdapat pula penyampaian kata sambutan sekaligus membuka kegiatan oleh Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D. yang merupakan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi.

Dipandu oleh moderator, sesi berikutnya adalah pemaparan materi oleh empat narasumber.  Materi pertama disampaikan oleh Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D. dengan mengusung topik “Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan Berbasis Ide-Ide Kreatif yang Berorientasi Kemandirian Bangsa”. Materi kedua yakni “Program Pusat Prestasi Nasional dalam Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa” yang disampaikan oleh Pelaksana Tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi, M.Si. Terdapat pula materi bertema “Mewujudkan Ide Kreatif menjadi Inovasi yang Berdayaguna dan Bernilai Ekonomi” dan “Sinergi Industri (Kimia Farma) dalam Mengembangkan Hasil Kreativitas dan Inovasi Perguruan Tinggi Menuju Kemandirian Bidang Farmasi Nasional” yang masing-masing dipaparkan oleh Prof. Dr. Eng. Kuwat Triyana, M.Si. selaku Anggota Peneliti Alat Deteksi Covid-19 Ge-Nose dan Drs. Apt. Verdi Budidarmo, selaku Direktur Utama PT. Kimia Farma.

Semangat dan antusias dari para peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan ketika sesi diskusi atau tanya jawab dibuka. Di penghujung kegiatan, dua narasumber yakni Prof. Dr. Eng. Kuwat Triyana, M.Si. dan Drs. Apt. Verdi Budidarmo berkesempatan untuk menyampaikan closing statement. “Harapan kami semoga dengan adanya kegiatan sharing ini, para peserta bisa tetap semangat, sabar, dan pantang menyerah dalam berkarya di dunia industri,” ungkap Drs. Apt. Verdi Budidarmo.(ten/raf)