Surabaya, pens.ac.id – Program Studi Teknik Informatika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menghelat kuliah tamu dengan tajuk “Optimasi Teknologi Komputasi Awan di Masa Pandemi”, pada Sabtu (28/11). Kuliah tamu kali ini turut menghadirkan Furin Onko selaku Technical Program Manager Amazon Web Service (AWS) Educate sabagai pembicara. Dihelat secara daring melalui Zoom Video Converence,  kegiatan diikuti oleh mahasiswa Teknik Informatika PENS khususnya mahasiswa tingkat akhir Program Sarjana Terapan dan Program Lanjut Jenjang.

Kegiatan dimulai pada pukul 10.00 WIB, diawali dengan sambutan oleh M. Udin Harun Al Rasyid, S.Kom., Ph.D. selaku Ketua Program Studi D4 Teknik Informatika. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan inti dari penyelenggaraan kuliah tamu ini yaitu pemaparan materi dari pembicara. Sebelum menjelaskan materi, Furin Onko terlebih dahulu menjelaskan mengenai AWS, yakni salah satu perusahaan dibidang layanan infrastruktur IT atau komputasi cloud terluas di dunia.

Materi yang dibahas oleh pembicara meliputi seluk-beluk komputasi cloud yang kini banyak digunakan untuk mengembangkan transformasi bisnis dengan cepat, ditengah modernisasi infrastruktur IT yang semakin canggih. Perbedaan antara infrastruktur IT tradisional dengan komputasi cloud pun turut disampaikan pada kesempatan ini. Disamping itu, Furin Onkon juga memberi penjelasan kepada peserta kuliah tamu online ini, mengenai kelebihan AWS sebagai penyedia layanan komputasi cloud.

Setelah penyampaian materi selesai, tiba saatnya pada sesi tanya jawab yang dipimpin oleh moderator, yaitu Hero Yudo Martono, M.T. Untuk mengabadikan momen saat itu, terdapat sesi foto bersama secara virtual pada penghujung kegiatan. Diharapkan dengan adaya kuliah tamu yang diseleggarakan secara online, dapat menambah wawasan mahasiswa mengenai komputasi cloud yang telah disampikan oleh pembicara.(raf)