Surabaya, pens.ac.id – Pembukaan Kontes Mobil Hemat Enegi (KMHE) tahun 2020 telah rampung dilaksanakan pada Kamis (26/11). Disiarkan melalui YouTube Direktorat Kemahasiswaan Universitas Indonesia yang juga merupakan tuan rumah, KMHE ke-9 tahun ini mengusung tema “Energi Untuk Negeri”. Dilaksanakan secara daring, kompetisi yang sudah dimulai sejak bulan Oktober lalu ini telah mencapai tahap final. Tim Chapens Proto dari Politeknik Elektonika Negeri Surabaya (PENS) turut menjadi finalis pada kategori Prototype dengan kriteria motor listrik dan sistem kontrol yang dibawa oleh kendaraan bernama Volta. Hal ini merupakan pencapaian baik oleh PENS karena berhasil mengalahkan tim dari perguruan tinggi seluruh Indonesia.

Pertama kali diselenggarakan secara daring sejak tahun 2012, tahun ini KMHE hanya terdiri dari dua kategori perlombaan yaitu Urban dan Prototype. Diikuti oleh 110 tim dari 74 perguruan tinggi di seluruh Indonesia, kompetisi ini telah melewati seleksi yang cukup panjang panjang antara lain workshop, pembuatan laporan desain kendaraan, pengumpulan laporan desain pengendaran, dan berhasil menetapkan 36 tim dari 27 perguruan tinggi menjadi finalis KMHE 2020. Ketua Panitia Penyelenggara KMHE 2020, Dr.Ir. Muhammad Asvial, M.Eng. menyampaikan laporan kegiatan sekaligus memperkenalkan keenam dewan juri KMHE 2020 yang ahli pada bidangnya. “Kami berharap kegiatan ini terus dikembangkan agar menumbuhkan iklim kompetisi yang semakin kompetitif di masa yang akan datang,” ujar Muhammad Asvial.

Memasuki sesi selanjutnya yaitu sambutan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Indonesia yakni Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris menyampaikan rasa syukurnya karena perlombaan ini dikemas secara baik oleh para panitia sehingga berjalan lancar hingga tahap akhir. Kemudian terdapat sambutan oleh Asep Sukmayadi, S.IP. sebagai Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional yang memaparkan harapannya terhadap generasi muda untuk selalu berkreasi dan berkarya meskipun dalam situasi pandemi seperti ini. “Dengan segala himpitan dan keterbatasan karena pandemi saya melihat minat dan semangat para peserta hal ini berdampak positif karena tetap berkreasi,” ungkapnya

Sebagai penanda pungkasnya kegiatan, Drs. A G Sudibyo, M.Si. melantik dewan juri yang nantinya akan bertugas melancarkan jalannya kontes ini. Selanjutnya, kegiatan ditutup dengan penampilan Tari Saman yang merupakan persembahan dari mahasiswi Universitas Indonesia. Bertujuan untuk mencari mobil dengan efisiensi energi paling tinggi dan pendongkrak mobil hemat energi di Indonesia, membuat delegasi PENS semakin yakin bahwa inovasi yang dimiliki oleh Tim Chapens Proto dapat menjuarai kontes ini. Persiapan matang telah mereka sediakan demi membanggakan nama PENS diajang bergengsi tahunan ini. “Karena faktor usaha itu tidak lengkap kalau kita juga tidak berdoa,” tutur Manager KMHE 2020, Nibras Syarif Ramadhan. (jes/kik)

wpChatIcon
EnglishIndonesian