Surabaya, pens.ac.id – Guna meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menganalisa dan memberi penilaian dalam game, Program Studi Teknologi Game PENS usai menggelar kuliah tamu pada Jumat (27/11). Dengan mengusung tema “Analisa dan Game Review”, Program Manager Asosiasi Game Indonesia turut hadir sebagai pembicara. Dilaksanakan secara daring melalui Zoom Video Conference, kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa jurusan Tekhnologi Game dari berbagai angkatan serta beberapa dosen PENS.

Serangkaian acara  dimualai pada pukul 09.00 WIB, dengan dimoderatori oleh Zulhaydar Fairozal Akbar, S.ST., M.Sc.. Pada kesempatan kali ini, Kholid Fathoni, S. Kom., MT. selaku Ketua prodi DTMK dan Rizky Yuniar Hakkun, S.Kom., MT. selaku Ketua Pordi Teknologi Game turut hadir dan  memberikan sambutan. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Program Manager Asosiasi Game Indonesia yakni Febrianto Nur Anwari, S.ST..

Pada penjelasan materi, dipaparkan mengenai jurnalis game secara garis besar, pengertian, dan tujuan review game. Tidak hanya itu, Febrianto Nur Anwari, S.ST. juga banyak menjelaskan mengenai empat komponen penting dalam review game diantaranya educate, explain, elaborate, dan emphasize. Usai pemaparan materi, moderator mempersilahkan kepada para peserta untuk bertanya langsung kepada narasumber. Terlihat antusias yang besar dari para peserta, mereka memberikan berbagai pertanyaan yang sebagian besar mengenai penerapan analisa dan game review dalam bidang industri.

Dipenghujung sesi, pemateri memberikan tugas kepada peserta, utamanya bagi mahasiswa jurusan Teknologi Game kelas satu dan empat untuk membuat video review game. Dengan kuliah tamu ini, diharapkan PENS yang sudah terkenal dengan dunia robotik bisa terkenal juga dalam bidang multimedia kreatif, salah satunya melalui kemampuan mahasiswa untuk menganalisa dan memberi penilaian game. Sehingga nantinya dapat mengangkat nama PENS di bidang industri Nasional. Pembicara juga menegaskan agar peserta terus berupaya meningkatkan kemampuannya dengan mencari banyak referensi, bermain game, dan memperluas relasi. (tan/msa)