Surabaya, pens.ac.id – Hari pertama presentasi menjadi serangkaian kegiatan inti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-33 yang berlangsung pada Kamis (26/11). Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ditunjuk sebagai tuan rumah oleh Pusat Prestasi Nasional pada ajang bergengsi ini. Meski dihelat secara daring, persiapan matang dari kelima delegasi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) berhasil tunjukkan performa yang maksimal. Kelima delegasi tersebut diantaranya tiga tim dari bidang Program Kreatifitas Mahasiswa-Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK) yaitu “Echo Friendly Housing”, “Smart Rooftop Farming”, “Reverse Vending Machine”, satu tim Program Kreatifitas Mahasiswa-Karsa Cipta (PKM-KC) dengan judul “Sistem Perawatan Tanam Pintar” dan juga satu tim Program Kreatifitas Mahasiswa-Penerapan Teknologi (PKM-T) dengan judul “Dispenser Pengisian Air Jerigen dengan Kontrol Volume di Toko Nur Saudara”.

Kegiatan presentasi berdurasi 30 menit dengan rincian 5 menit awal untuk persiapan mulai dari pengecekan audio, video, dan kamera tim serta 25menit selanjutnya untuk presentasi. Terdapat juga sesi tanya jawab oleh tiga dewan juri yang diberikan untuk masing-masing tim. PKM-GFK memiliki perbedaan sistematika presentasi yakni terdapat penambahan waktu 5 menit untuk penayangan video sebelum sesi tanya jawab.

Tahun ini, terdapat beberapa pembagian kelas dari tiap bidang yakni PKM-GFK yang dibagi menjadi dua kelas, PKM-KC yang dibagi menjadi lima kelas, dan tiga kelas dari PKM-T yang terdiri dari 20 tim dari berbagai perguruan tinggi sesuai dengan bidangnya. Selain itu, jadwal presentasi dilakukan secara acak sehingga para peserta harus bersiap dan lebih fokus terhadap giliran presentasi. Seluruh kegiatan presentasi juga disiarkan langsung melalui kanal YouTube Universitas Gadjah Mada mulai awal hingga akhir agar penilaian PIMNAS ke-33 terkesan transparan dan juga lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Dengan berakhirnya kegiatan dihari pertama ini, diharapkan satu delegasi PENS yang belum berkesempatan untuk presentasi dari bidang PKM-KC dengan judul Robot XY Penekan Keypad Berbasis IoT bisa memberikan penampilan terbaiknya dan yakin dengan apa yang sudah dipersiapkan. Salah satu peserta dari bidang PKM-GFK yakni Bening Safitri berharap dukungan dari kampus tidak menyurutkan semangat dari tim PIMNAS tahun ini dalam berjuang. “PENS sangat support terhadap kegiatan ini dengan diberikan fasilitas yang begitu lengkap, mulai dari lighting, kamera, greenscreen, dan juga paket internet. Tentunya dukungan tersebut diharap bisa menjadi semangat tim PIMNAS ke-33 untuk bisa memberikan yang terbaik,” ungkapnya. (irf/kik)