Surabaya, pens.ac.id – Penyelenggaraan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-33 resmi dibuka pada Rabu (25/11). Kegiatan berlangsung dengan meriah, meskipun tahun ini dihelat secara daring dan dapat disaksikan secara langsung melalui channel YouTube Universitas Gadjah Mada. Dengan dibukanya PIMNAS ke-33, merupakan isyarat dimulainya persaingan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari 101 perguruan tinggi se-Indonesia.

Alunan gamelan dan lagu khas jawa mengiringi pembukaan secara virtual PIMNAS ke-33 yang diselenggarakan secara langsung dari tuan rumah penyelenggara yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM). Kegiatan pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya. Dilanjutkan dengan rangkaian sambutan, diantaranya sambutan oleh Wakil Rektor bidang Pendidikan Pengajaran Kemahasiswaan UGM sekaligus Ketua Panitia yakni Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr., dilanjutkan oleh Dr. Med. dr. Indwiani Astuti selaku Ketua Dewan Juri, Rektor UGM yakni Prov. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU., ASEAN Eng., dan Sekretaris Jendral Kemendikbud yakni Prof. Ainun Na’im, Ph.D.

Sebagai simbol dimulainya persaingan perebutan gelar juara antar perguruan tinggi, dilakukan prosesi penyerahan piala bergilir dari Rektor UGM kepada Ketua Dewan Juri. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pembukaan PIMNAS pada tahun ini disertai parade virtual busana yang mewakili berbagai pulau di Indonesia, sebagai wujud representasi kekayaan budaya Nusantara. Bersamaan dengan parade tersebut, turut  pula ditampilkan lambang dari berbagai perguruan tinggi yang menjadi peserta PIMNAS kali ini.

Meskipun tahun ini merupakan kali pertama PIMNAS berlangsung secara virtual, namun hal tersebut tidak menghalangi semangat seluruh kontingen PIMNAS ke-33 ini. Masyarakat pun tampak antusias, dibuktikan dengan kolom komentar pada live streaming saat pembukaan yang dipenuhi dengan ucapan penyemangat dari pendukung institusinya masing-masing. Sejumlah 625 karya ilmiah dari berbagai bidang yang lolos pada PIMNAS tahun ini akan dievaluasi oleh 95 dewan juri melalui presentasi dan poster. Diharapkan PIMNAS ke-33 ini dapat mendorong terwujudnya karakter mahasiswa yang unggul, kreatif, inovatif dan adaptif dalam menghadapi berbagai persoalan dunia.(tan/raf)