Surabaya, pens.ac.id – Himpunan Mahasiswa Telekomunikasi (Hima Telkom) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) berkolaborasi dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Universitas Kaohsiung usai menghelat Webinar Internasional bertajuk “Scholarship Expo Study in Taiwan” melalui Video Conference Zoom pada Selasa (24/11). Kegiatan ini dihadiri oleh empat narasumber antara lain  M. Zen Samsono Hadi, S.T., M.Sc., Ph.D. selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) D4 Teknik  Telekomunikasi PENS, Haryadi Amran D., S.ST., M.T. selaku Kaprodi D3 Teknik Telekomunikasi PENS, perwakilan dari National Sun Yat-sen University, Prof. Wan Jen Huang, dan Prof. Chia Nan Wang Dean dari National Kaohsiung University Of Science and Technology. Meskipun dilaksanakan di hari kerja, kegiatan ini berjalan lancar dan penuh antusias dari para peserta webinar.

Kegiatan dimulai pukul 14.00 WIB dengan dimoderatori oleh Syariful Muttaqin, M.A. selaku perwakilan PPI Kaoshing yang juga menjabat sebagai Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya. Dibuka oleh Kaprodi D4 Teknik Telekomunikasi PENS, dalam webinar ini dipaparkan informasi seputar Program Studi Teknik Telekomunikasi yang ada di PENS. Dilanjutkan dengan presentasi oleh Haryadi Amran D., S.ST., M.T., turut dijelaskan berbagai fasilitas yang ada pada Prodi Teknik Telekomunikasi. Tidak kalah penting, Kaprodi D3 Teknik Telekomunikasi tersebut juga mengenalkan berbagai prestasi yang diraih oleh para mahasiswa Teknik Telekomunikasi PENS. Kejuaraan International Bussiness Plan Competition,Singapore pada tahun 2018 merupakan salah satu contoh prestasi membanggakan dari Prodi Teknik Telekomunikasi PENS.

Berkesempatan mengenalkan National Sun Yat-sen University (NSYU), Prof. Wan Jen Huang selaku Chairman of the International Master’s Program in Telecommunication Engineering (IMPTE) menginformasikan tentang sistem pembelajaran serta berbagai cara agar menjadi mahasiswa di NSYU. Prof. Wan Jen Huang juga menjelaskan dosen pengampu di NSYU yang ahli dan memiliki spesialisasi di bidang masing-masing. Tidak hanya itu, lulusan NSYU dari fakultas telekomunikasi banyak yang bekerja dibidang industri di Taiwan. Dilanjutkan dengan pemaparan berbagai informasi mengenai keunggulan kampus terbaik kedua di Taiwan yakni National Kaohsiung University Of Science and Technology (NKUST) yang disampaikan oleh Prof. Chia Nan Wang Dean selaku Office of International Affairs NKUST, NKUST juga memberikan beasiswa untuk mahasiswa internasional.

Pada momen kali ini para peserta webinar tampak antusias setelah kedua perwakilan dari NSYU dan NKUST turut memberikan berbagai penawaran program beasiswa yang dimiliki. “Saya berharap untuk semua partisipan bisa menggapai mimpinya untuk belajar ke luar negeri agar dapat menjadi SDM yang unggul dibidangnya masing-masing,” tutur Prof. Chia Nan Wang Dean. Ditutup dengan sesi foto bersama, diharapkan dengan adanya Webinar Internasional ini dapat membuka wawasan mahasiswa Teknik Telekomunikasi PENS untuk melanjutkan studi di luar negeri khususnya di Taiwan. (jes/dya)