Surabaya, pens.ac.id – Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud usai menyelenggarakan Technical Meeting (TM) Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-33 pada Rabu (25/11). Kegiatan kali ini dilangsungkan di Universitas Gadjah Mada dan diikuti oleh ratusan peserta melalui aplikasi Zoom Video Conference serta live streaming di channel YouTube Universitas Gadjah Mada. Turut dihadiri oleh 625 tim dari 101 perguruan tinggi, kegiatan ini bertujuan untuk membekali seluruh peserta sebelum kegiatan perlombaan yang akan dimulai besok.

Dibuka oleh pembawa acara pada pukul 10.00 WIB, Technical Meeting dilanjutkan dengan berdoa bersama dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Agenda berikutnya adalah sambutan dari perwakilan Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud, yakni Yas Ahmad Adha. “Meski tahun ini diadakan secara daring, tetapi diharapkan para peserta untuk tetap semangat dan bisa menampilkan karya kalian semaksimal mungkin,” ungkapnya.

Sesi selanjutnya adalah pemaparan materi dari Prof. Dr. Ir. Nuni Gofar selaku Sekretaris Dewan Juri seputar gambaran umum, juri dan penjurian, sistem penilaian, penghargaan, dan tata tertib. Terdapat 32 kelas yang akan digunakan penjurian, dalam PIMNAS kali ini akan diisi oleh tiga juri untuk menilai presentasi dan poster di setiap kelasnya. Di penghujung kegiatan, moderator membuka forum tanya jawab dan para peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya terkait hal-hal yang kurang dipahami. Antusias dan semangat para peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan pada sesi ini.

Pada momen tersebut, sebanyak enam tim delegasi PENS berkesempatan lolos dan akan mengikuti ajang bergengsi PIMNAS ke-33. Enam tim yang terdiri dari PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM GFK) sebanyak 3 tim, PKM Karsa Cipta (PKM KC) sebanyak 2 tim, dan PKM Teknologi  (PKM T) sebanyak 1 tim ini telah melakukan beberapa persiapan dimulai dari latihan presentasi hingga tanya jawab yang dibimbing oleh dosen pembimbing masing-masing. Diharapkan dengan adanya pelatihan tersebut, keenam delegasi PENS dapat tampil secara maksimal pada hari perlombaan. (ten/dya)