Surabaya, pens.ac.id – Ajang bergengsi Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional tahun 2020 telah usai diselenggarakan. Dihelat selama delapan hari secara daring sejak Senin (16-24/11), Institut Teknologi Bandung (ITB) berkesempatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan KRI tahun ini. Setelah berhasil meraih berbagai gelar juara saat KRI Tingkat Wilayah II beberapa waktu yang lalu, kini tim robotika kebanggaan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali mengharumkan nama kampus.

Beragam penghargaan diraih oleh Tim Robotika PENS pada gelaran KRI Tingkat Nasional.  Sebanyak enam tim turut berkompetisi pada ajang kali ini, antara lain EEPIS Robot Soccer (EROS), EEPIS Intelligent Leg Robot (EILERO), EEPIS Robot Soccer Wheels (ERSOW), EEPIS Robot Intelligent In Sense of Art (ERISA), Openi PENS (OPENS), dan KoPENS. Keenam tim tersebut masing-masing terbagi dalam berbagai divisi perlombaan, yakni Kontes Robot Sepak Bola Beroda (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), KRSBI Beroda, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), dan Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI).

Tim yang termasuk dalam divisi KRSBI Humanoid dan beroda, berturut-turut terdapat Tim EROS berhasil meraih Juara Harapan dalam kategori Lomba Lari serta Juara I kategori Lomba Menggiring Bola, dan Tim ERSOW membawa pulang Juara II dan Strategi terbaik. Sedangkan pada divisi KRPAI, terdapat Tim EILERO yang meraih Juara I dan Desain Terbaik. Tidak hanya itu, Tim ERISA turut sukses meraih gelar Juara I serta Desain dan Artistik Terbaik pada gelaran ini.

Direktur PENS, yaitu Dr. Zainal Arief, S.T., M.T. yang didampingi oleh jajaran Wakil Direktur turut mengikuti jalannya penutupan KRI Nasional 2020 secara daring. Direktur PENS mengungkapkan rasa bangganya atas kerja keras pembina dan anggota Tim Robotika PENS dan pencapaian yang berhasil diraih. Diharapkan prestasi yang diraih oleh mahasiswa PENS dalam gelaran ini, dapat dipertahankan dan diteruskan oleh generasi PENS berikutnya.(ENT Crews)

wpChatIcon
EnglishIndonesian