Surabaya, pens.ac.id – Kegiatan International Sharing Session Eps.9 telah usai dihelat oleh PENS International Cooperation Office (PICO) dengan menyusung tema “Kemajuan Teknologi untuk Ketentuan Masa Depan”. Kegiatan ini menghadirkan lima narasumber dari berbagai negara yakni Fadl Lul Hakim Ihsan yang merupakan Mahasiswa PENS, Nurul Elya Shazana dari Politeknik METrO Tasek Geludor-Malaysia, Hilda Syafira dari LungHwa University of Science and Technology-Taiwan, Yashino Ogasawara dari Iwate University-Jepang, dan Maria Lorelia A. Bilan dari Iloilo Science and Technology University La Paz-Filipina. Webinar berlangsung secara daring pada Sabtu (21/11), melalui aplikasi video conference Cisco Webex dan juga siaran langsung pada channel YouTube PICO PENS.

Direktur PENS, Dr. Zainal Arief, S.T., M.T. membuka secara resmi kegiatan kali ini pada pukul 13.00 WIB dengan penyampaian sambutan. Beliau berharap peserta webinar mampu mendapatkan wawasan dan melalui topik yang dibahas, dapat menerapkan teknologi secara baik di tengah masyarakat. Selain itu, beliau juga menyampaikan keinginannya untuk dapat terus berkolaborasi dan menghasilkan berbagai produk inovasi teknologi dengan berbagai perguruan tinggi internasional yang berpartisipasi dalam webinar ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi yang dibagi menjadi lima sesi. Materi yang disampaikan yakni mengenai inovasi teknologi dengan memaparkan berbagai produk yang sudah dihasilkan oleh para narasumber. Produk yang dijelaskan diantaranya  adalah Micromouse Robbot yang merupakan teknologi untuk menghilangkan zat berbahaya di air, TVET Mobile Application, Pen-type Soldering Iron with Solder Feeder and Fume Exhause, dan implementasi teknologi pada bidang medis menggunakan pemograman Python.

Selama kegiatan berlangsung peserta juga turut memberikan pertanyaan kepada narasumber. Perhelatan webinar secara daring rupanya tidak mengurangi antusiasme para peserta. Kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama secara virtual. (tan/res)