Surabaya, pens.ac.id – Program Studi Teknologi Game Politeknik Elektronika Negeri Surabaya usai menghelat Webinar GameTech – Talk (G-Talk) pada Kamis (21/11). Turut mengundang Juliwina selaku General Manager AR&Co. sebagai pembicara, webinar kali ini bertajuk “Penerapan Teknologi Augmented Reality dalam Industri Kreatif di Masa Depan bersama AR&Co.”. Dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Video Conference dan juga siaran langsung pada channel YouTube Game Technology PENS, kegiatan ini terbuka untuk umum.

Kegiatan dimulai pada pukul 13.00 WIB dan diawali dengan pelantunan lagu Indonesia Raya, kemudian dibuka oleh Artiarini Kusuma Nurindiyani, S.ST., MT. selaku pembawa acara. Selanjutnya terdapat sambutan dari Ketua Program Studi Teknologi Game, yakni Rizky Yuniar Hakkun, S.Kom., yang berharap agar webinar ini dapat memberi gambaran dan semangat kepada peserta dalam mengembangkan teknologi Augmented Reality (AR) dalam Industri Kreatif.

Sesi berikutnya adalah pemaparan materi mengenai AR. Pada kesempatan ini, disampaikan beberapa materi, dimulai dari perbedaan antara Virtual Reality (VR) dan AR, pemanfaatan teknologi AR di berbagai bidang pada kehidupan sehari-hari, hingga proyek-proyek yang pernah dikerjakan oleh AR&Co. Guna meningkatkan semangat dan antusiasme para peserta dalam memahami materi, pembicara mendemonstrasikan pengaplikasian AR dalam bentuk produk secara langsung. Selain itu, juga disampaikan tips mengenai pembuatan AR secara sederhana dengan menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh beberapa platform terkemuka.

AR diprediksi akan terus berkembang karena penggunaannya tidak terbatas pada satu bidang, melainkan dalam berbagai bidang. “Meski sekarang terdapat kendala dalam biaya menjalankan fungsi AR, tetapi saya yakin bahwa kedepannya akan muncul alat-alat baru yang relevan dengan harga lebih terjangkau, terutama di Indonesia sendiri,” ungkap Juliwina. Ia berharap supaya para peserta, khususnya Mahasiswa PENS, dapat berpartisipasi dalam pembuatan dan pengembangan produk AR di Indonesia.

Usai penyampaian materi, terdapat sesi tanya jawab. Antusiasme para peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan pada sesi ini. Sebelum kegiatan webinar diakhiri, terdapat sesi foto bersama secara virtual oleh seluruh partisipan. (ten/res)