Surabaya, pens.ac.id – Tim Openi PENS (OPENS) yang termasuk dalam divisi Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), usai menyelesaikan presentasi hasil rancangannya secara daring pada Jumat (20/11). Untuk tema KRTMI tahun ini mengambil sesuai kebutuhan nasional yang mendesak, yaitu “Robot Kesehatan”. Tim OPENS dalam kesempatan ini merancang robot kesehatan untuk memberikan solusi bagi penanganan wabah Covid-19.

Pada kontes ini seluruh peserta termasuk Tim OPENS, ditugaskan untuk merancang suatu robot yang berfungsi sebagai alat bantu angkat pasien. Sehingga tenaga medis seminimal mungkin kontak fisik dengan pasien dan seminimal mungkin gerak pasien saat proses pengangkatan. Dengan menggunakan kendali jarah jauh nirkabel, pasien dapat dipindahkan dari satu tempat tidur ke tempat tidur lainnya.

Robot rancangan Tim OPENS memiliki keunggulan pada lengan robot yang dapat bergerak secara independen. Sehingga robot dapat mengangkat pasien pada kasur dengan posisi yang datar atau menekuk.

Segala Persiapan dilakukan oleh Tim OPENS sejak bulan Agustus 2020, agar dapat merancang sebuah robot yang efektif memberi solusi bagi kebutuhan kesehatan nasional. Pada saat sesi presentasi, Tim OPENS diberi kesempatan 25 menit untuk memberikan pemaparan dihadapan dewan juri. Selain itu, terdapat sesi tanya jawab yang juga merupakan komposisi penilaian pada divisi KRTMI ini.(ENT Crews)