Surabaya, pens.ac.id – Program Magister Terapan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menghelat workshop secara daring bertajuk “Cloud Database Administration with MySQL”. Kegiatan yang dibuka untuk umum ini menghadirkan narasumber dari Oracle MySQL Singapore, yakni Mr. Hananto Wicaksono, S.T., MBA. Workshop tersebut digelar pada Sabtu (14/11), melalui aplikasi video conference Zoom dan disiarkan secara langsung di Youtube PENS TV.

Dimulai pada pukul 09.00 WIB, kegiatan dibuka oleh Sritrusta Sukaridhoto, S.T. Ph.D., salah satu dosen Multimedia Broadcasting (MMB) PENS, yang bertindak sebagai moderator pada kesempatan kali ini. Dalam pembukaannya, beliau menyampaikan agar peserta tidak hanya melihat dan mendengar saja selama mengikuti workshop, tetapi juga ikut mencobanya. “Sayang saja, ilmunya kalau tidak dipraktikkan secara langsung, apalagi dalam workshop ini bahannya langsung dari Oracle,” ungkapnya.

Workshop yang dihadiri lebih dari 80 orang ini kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai MySQL oleh Mr. Hananto Wicaksono, S.T., MBA. Materi pertama yang disampaikan yakni terkait state of dolphin yang menjelaskan pengenalan secara singkat mengenai MySQL, dimulai dari perangkat lunak sebagai database paling populer serta banyak digunakan menurut beberapa survey hingga fitur-fitur yang ditawarkan oleh Oracle terhadap produk ini. Selain itu, pembicara juga menjabarkan kedua topik lainnya, yaitu MySQL Database Service (MDS) on Oracle Cloud Infrastructure (OCI) dan MySQL on Cloud Native with Kubernete, secara runtut dan jelas.

Usai pemaparan materi, seluruh peserta diajak secara langsung di rumah masing-masing untuk menggunakan MySQL . Semangat serta antusias peserta terlihat dari pertanyaan yang diajukan selama pembicara menerangkan pemakaian software yang berikon lumba-lumba ini. Dengan digelarnya workshop ini, diharapkan dapat membawa manfaat bagi peserta untuk mengetahui dan memperdalam service MySQL. (ten/msa)

wpChatIcon
EnglishIndonesian