Surabaya, pens.ac.id – Himpunan Mahasiswa Computer Engineering (HMCE) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menghelat webinar yang bertajuk “Internet of Things (IoT) Beyond Prototype”. Kegiatan yang dilangsungkan secara daring melalui Zoom Video Conference ini sukses dilaksanakan pada Minggu (15/11). Turut menghadirkan Tegar Imansyah selaku System Architect di PT Alpha Teknologi Indonesia (Alterra) sebagai pemateri, kegiatan diikuti lebih dari 70 mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

Diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara, kegiatan dimulai pada pukul 19.00 WIB. Kepala Departemen Teknik Informatika dan Komputer PENS, Tri Harsono S.Si., M.Kom., PhD., juga turut memberikan sambutan saat pembukaan webinar. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari penanggung jawab webinar, Sulaiman Al-Farisi yang memberikan ungkapan terimakasih kepada seluruh pihak yang ikut serta dalam kegiatan kali ini.

Sesi selanjutnya yakni penyampaian materi webinar oleh pembicara yakni Tegar Imansyah yang merupakan System Architect di PT Alpha Tekhnologi Indonesia (Alterra). Pada kesempatan tersebut disampaikan mengenai pengertian IoT, cara pembuatan, dan komponen penting dalam IoT. Saat penyampaian materi, Tegar Imansyah menegaskan bahwa dalam memanfaatkan berbagai teknologi di bidang industri utamanya mengenai IoT, harus memperhatikan tentang sumber permasalahan yang terjadi, sehingga mampu menghasilkan tekhnologi sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat.

Usai penyampaian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, para peserta memberikan pertanyaan baik teknis maupun nonteknis mengenai penggunaan IoT dalam bidang industri. Antusiasme para peserta cukup besar, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan saat sesi tanya jawab. Dengan digelarnya webinar ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para peserta dalam menghadapi tantangan peningkatan penalaran mahasiswa dengan menggunakan IoT sebagai tekhnologi yang digunakan dalam industry 4.0. Selain itu juga diharapkan mampu memberikan efek sehingga memunculkan inovasi yang bermanfaat, dan penjelasan mengenai IoT tidak hanya berupa prototype. (tan/msa)