Surabaya, pens.ac.id – Program Magister Terapan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menyelenggarakan Workshop Virtual Series “Medical Image Processing using by Python”. Kegiatan yang digelar pada Sabtu (24/10) ini, turut menghadirkan Dr. Eng Igi Ardiyanto, S.T., M.Eng. selaku Dosen Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai narasumber. Dihelat melalui aplikasi video conference Zoom dan live streaming di Youtube PENS TV, workshop tersebut dihadiri Mahasiswa PENS dan dibuka untuk umum.

Dimoderatori langsung oleh salah satu Dosen Pascasarjana PENS yaitu Dr. Eng. Bima Sena Bayu D., S.ST., MT., kegiatan ini disambut antusias oleh para peserta yang hadir. Pada kesempatan tersebut, Dr. Eng. Igi Ardiyanto memaparkan beragam materi yang bermanfaat untuk menunjang karir di bidang engineering khususnya mengenai Medical Image Analysis (MedIA). MedIA merupakan gabungan dari beberapa teknik pengambilan citra dari organ tubuh manusia melalui mesin X-Ray, Ultrasound, Computer Tomography (CT), Magnetic Resonance (MRI) dan beberapa mesin lainnya untuk menciptakan sebuah alat yang dapat membantu kerja tenaga medis dalam mendiagnosis sebuah penyakit atau hal lain yang ada pada tubuh manusia.

Adapun teknik yang digunakan pada MedIA yakni Teknik Medical Imaging dan Teknik Fisika. Dimana hasil dari menggunakan dua teknik tersebut dapat menciptakan beberapa alat kesehatan yang bisa diterapkan dan bermanfaat dalam dunia medis seperti CT-Scan, MRI, USG, hingga Fundus Photography yang bertujuan untuk melihat mata manusia menggunakan fundus image. Hal tersebut menjadi salah satu faktor penting adanya MedIA sebagai penunjang terciptanya alat-alat yang digunakan dalam dunia medis.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sesi Live Coding bersama melalui Google Collab yang menggunakan bahasa pemrograman Phyton untuk membuat Medical Image Processing sebagai bagian dari MedIA. “Jangan takut mencoba hal yang baru, nanti kalian akan menyukainya,” jelas Dr. Igi Ardiyanto. Diharapkan dengan adanya Workshop Virtual mengenai MedIA ini, dapat membuka wawasan Mahasiswa PENS khususnya di bidang teknologi kesehatan. (jes/dya)

wpChatIcon
EnglishIndonesian