Surabaya, pens.ac.id – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menggelar wisuda ke-15 pada Sabtu (17/10). Digelar secara daring dari Auditorium Lt. 6 Pascasarjana PENS sebanyak 1065 mahasiswa resmi menjadi wisudawan. Salah satunya adalah Saydza Atika Rahmah sebagai salah satu mahasiswa yang mendapat predikat lulusan dengan pujian (cumlaude) pada Program Magister Terapan Teknik Elektro sekaligus penerima beasiswa jenjang Pascasarjana ditahun 2018.  Kesuksesan yang telah diraih merupakan hasil dari sikap optimis yang selalu dipegang teguh dalam menyelesaikan studinya.

Berbagai prestasi telah diraihnya selama menjalani masa kuliah di PENS sejak menjadi mahasiswa D4 Teknik Elektronika dan dilanjutkan dengan Program Magister Terapan. Berhasil menjadi Finalis TOP 20 Youth Exchange Program South Korea 2020 tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Saydza dan keluarga. Tidak hanya itu, ia juga pernah menjadi Juara 3 Perlombaan Paper yang dihelat oleh Universitas Negeri Semarang bersama timnya serta memenangkan kompetisi lain di bidang ide kreatif dan bisnis.

Mendapat berbagai prestasi tersebut rupanya tidak lepas dari yang namanya perjuangan. Mulai dari menerapkan karakter PENS dalam diri yakni wani, nekat, dan joss serta terus mengembangkan ilmu dan juga softskill yang merupakan bagian penting dari esensi sebuah pendidikan. Ia juga memberikan beberapa trik agar mahasiswa senantiasa bisa maju membawa nama PENS lebih baik lagi. “Sebuah trik klise, tetep berjuang namun realistis. Kalau misal jalannya tidak disitu jangan berharap lebih agar tidak terlalu jatuh. Tetapi tetap optimis karena dengan sekali optimis akan membuka peluang sekiranya 1% dari 100% kemungkinan yang kita dapat.” tutur Saydza Atika Rahmah

Dengan berakhirnya perhelatan wisuda secara daring kali ini, diharapkan para mahasiswa PENS dapat beradaptasi secara cepat dengan segala kemungkinan. “Jangan gaptek, jangan bosan, dan jangan capek, tetapi harus gencar cari informasi, walaupun ada tantangan pasti ada cara untuk mendapatkan informasi tersebut. Tetap berusaha, semangat, dan terpenting adalah tetap update terhadap informasi terkini,” imbuhnya. (irf/kik)