Surabaya, pens.ac.id – Berada di tengah pandemi Covid-19, tidak menyurutkan semangat mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) untuk kembali menorehkan prestasi. Kali ini datang dari dua mahasiswa Program Studi D4 Teknik Informatika, yakni Alfian Prisma Yopiangga dan Muqorroba Lada Sattar, pada ajang kompetisi Smart IT Fest (SIF) 2020 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi D3 Teknik Informatika Universitas Negeri Sebelas Maret. Dalam kompetisi yang diselenggarakan pada Kamis (8/10) melalui aplikasi video conference, karya mereka yang berjudul “Aplikasi Online Management Information System” sukses meraih gelar juara 1 di bidang Desain UI/UX.

Dua mahasiswa Teknik Informatika tersebut dalam mengikuti ajang SIF 2020 bidang design UI/UX ini, telah melalui dua tahapan seleksi yakni tahap penyisihan dan final. Pada tahap penyisihan, tim terlebih dahulu membuat prototype dan mengumpulkan proposal desain UI/UX untuk dilakukan proses penilaian. Sattar bersama rekannya yang dinyatakan lolos sebagai salah satu finalis, melanjutkan ke tahap terakhir yaitu presentasi.

Dalam ketentuan kompetisi ini, dijelaskan bahwa peserta diperbolehkan melakukan re-design sebuah produk aplikasi yang telah ada. Oleh karena itu, Sattar dan Yopi menawarkan sebuah ide berupa mendesain ulang Online MIS PENS sebagai produk prototype mereka. Menurutnya, aplikasi tersebut dibuat untuk memudahkan mahasiswa dan dosen dalam melakukan kegiatan belajar mengajar, baik kondisi dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring). “Kami sering mendengar feedback dari teman-teman bahwa tampilan MIS PENS lawas dan kurang user-friendly, sehingga kami melalukan desain ulang tampilannya sebagai prototype kami,” ungkap Sattar.

Berkat kerjasama tim, mereka berhasil menyelesaikan prototype tepat waktu, meskipun memiliki sedikit waktu untuk melakukan persiapan. “Kami baru mengetahui SIF 2020 itu seminggu sebelum pengumpulan berkas, jadi karena waktunya singkat akhirnya kami bagi tugas,” jelas Sattar. Dengan adanya gagasan aplikasi yang dibuat oleh tim ini, diharapkan kedepannya dapat memberikan pandangan untuk PENS dalam mengembangkan aplikasi Online MIS.(ten/raf)