Surabaya, pens.ac.id – Kontes Robot Indonesia (KRI) Wilayah II Tahun 2020 telah usai diselenggarakan secara dalam jaringan (daring) selama tiga hari, mulai Jumat (9/10). Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) turut mengirimkan empat Tim Robotika kebanggaannya pada kontes robot bergengsi di Indonesia ini. Meskipun dihelat di tengah pandemi Covid-19, tidak meyurutkan semangat Tim Robotika PENS untuk memberikan performa terbaiknya guna mengharumkan nama PENS pada ajang ini.

Hal tersebut terbukti dengan pencapaian Tim Robotika PENS yang berhasil meraih banyak penghargaan di gelaran KRI Wilayah II. Pada tahun ini, empat Tim Robotika PENS yakni EEPIS Robot Soccer (EROS), EEPIS Intelligent Leg Robot (EILERO), EEPIS Robot Soccer Wheels (ERSOW), dan EEPIS Robot Intelligent Sense of Art (ERISA)  sukses memborong gelar juara disetiap divisi perlombaan. Empat divisi yang turut diikuti oleh Tim Robotika PENS adalah Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Sepak Bola (KRSBI) Beroda, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), dan Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI).

Pada divisi KRSBI Humanoid, terdapat Tim EROS yang berhasil meraih juara 3 kategori Lomba Lari dan Juara Harapan kategori Lomba Menggiring Bola. Sedangkan pada divisi KRPAI dan KRSBI Beroda, berturut-turut terdapat Tim EILERO yang menduduki Juara 3 dan Tim ERSOW yang memperoleh Juara Harapan. Tim ERISA yang masuk dalam divisi KRSTI pun turut mendapatkan gelar Juara 2 sekaligus Desain dan Artistik Terbaik.

Peraihan gelar juara tersebut sekaligus menjadi tiket emas Tim Robotika PENS untuk melangkah ke KRI Nasional 2020. Dengan berbagai evaluasi yang ada dari pelaksanaan KRI Wilayah II ini, diharapkan dapat memperbaiki kekurangan masing-masing tim robot. Dengan begitu,Tim Robotika PENS dapat menunjukkan performa yang lebih baik lagi pada pelaksanaan KRI Nasional 2020 mendatang. (ENT Crews)