Surabaya, pens.ac.id – Bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kewirausahaan pada diri mahasiswa agar dapat bersaing dalam dunia kerja, Program Studi D3 Teknologi Multimedia Broadcasting Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah usai menghelat webinar pada Sabtu (5/9). Kegiatan turut menghadirkan Budi Ruswantono selaku Founder CV. Putra Mandiri dan Diah Septi Yanaratri, S.ST., M.T. yang merupakan Koordinator Kewirausahaan PENS. Diselenggarakan secara daring melalui aplikasi video conference Zoom, kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa PENS dari berbagai jurusan.

Dengan mengusung tema “Pembelajaran Generasi Milenial Berbasis Soft Skill Build Your Own Business”, kegiatan dibuka oleh Aldyfa Raihan Naufal yang bertindak sebagai moderator pada kesempatan kali ini. Dimulai dengan pembacaan doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh Kholid Fathoni , S.Kom., MT. selaku Kepala Departemen Teknologi Multimedia Kreatif serta Dr. Muhammad Agus Zainudin, ST., MT. selaku Ketua Program Studi D3 Teknologi Multimedia Broadcasting.

Memasuki serangkaian kegiatan utama, webinar diawali dengan pembacaan Curriculum Vitae (CV) oleh moderator serta penyampaian materi oleh Budi Ruswantono. Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan tentang keberhasilan karirnya dalam membangun jalannya sendiri melalui bidang kewirausahaan. Dilanjutkan dengan pembinaan kewirausahaan oleh Diah Septi yang memperkenalkan beberapa kompetisi kewirausahaan yang masuk dalam ranah vokasi.

Sebelum kegiatan berakhir, moderator membuka sesi tanya jawab dengan kedua pemateri dimana pada sesi ini peserta diberi kebebasan untuk mengutarakan pertanyaannya. Antusiasme para peserta terlihat pada saat beberapa pertanyaan mulai memenuhi kolom chat Zoom. Tiba di penghujung kegiatan, foto bersama secara virtual oleh seluruh partisipan menjadi simbolis berakhirnya kegiatan ini. Dengan dihelatnya webinar kewirausahaan, diharapkan dapat memberi pengetahuan serta motivasi kepada seluruh mahasiswa yang hadir agar dapat menghadapi lika-liku dalam dunia kerja kelak. (kik/msa)