Surabaya, pens.ac.id – Unit Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional (UP2AI) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)  telah usai menghelat webinar pada Kamis (3/9). Turut menghadirkan Mohammad Zikky, S.ST., M.T. yang juga merupakan salah satu Dosen Teknologi Game PENS sebagai pemateri, kegiatan ini dihelat secara daring atau online melalui aplikasi video conference Zoom. Dengan mengusung tema “Belajar Daring Lebih Menyenangkan dengan Augmented Reality (AR)”, kegiatan terbuka untuk umum dan dihadiri oleh beberapa civitas tenaga pendidik dari berbagai institusi.

Dimulai pada pukul 09.00 WIB, kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Rusminto Tjatur Widodo selaku Kepala UP2AI PENS. Dilanjutkan dengan sesi perkenalan oleh Tri Hadiah Muliawati yang bertindak sebagai moderator pada kesempatan kali ini. Kemudian disambung dengan serangkaian kegiatan utama yakni pemaparan materi oleh Mohammad Zikky yang menjelaskan terkait media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality (AR).

Dalam pemaparannya beliau juga menyisipkan beberapa video mengenai pengaplikasian Augmented Reality dalam permainan serta pembelajaran. “Kami kemarin sempat mengadakan sharing session dengan beberapa sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ada di Indonesia dan saya pikir pembelajaran seperti inilah yang mereka butuhkan saat ini,” ujar Mohammad Zikky. Meski dihelat secara daring, inovasi terhadap media pembelajaran terutama di masa pandemi seperti ini perlu terus ditingkatkan demi tercapainya fasilitas dalam kegiatan belajar mengajar.

Setelah penyampaian materi, peserta dipersilahkan untuk melontarkan pertanyaannya melalui fitur kolom chat pada aplikasi Zoom yang kemudian akan dibacakan oleh moderator webinar. Antusiasme para peserta terlihat dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan pada sesi ini. Tiba di penghujung kegiatan, terdapat sesi foto bersama secara virtual oleh seluruh partisipan sekaligus menjadi simbolis berakhirnya kegiatan ini. (kik/msa)