Surabaya, pens.ac.id – Menyambut tahun ajaran baru 2020/2021, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menghelat serangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru dan Informasi Pengenalan Mahasiswa Baru (PKKMB/IPMB) 2020. Bertepatan dengan situasi pandemi Covid-19, tahun ini penyelenggaraan PKKMB/IPMB 2020 dilakukan secara online atau daring. Berlangsung selama empat hari terhitung sejak Senin (31/8), kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru PENS 2020, termasuk mahasiswa dari Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Lamongan dan Sumenep.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Direktur PENS, Dr. Zainal Arief, S.T., M.T. sekaligus dilanjutkan dengan pembukaan PKKMB/IPMB PENS 2020 secara simbolik. Direktur PENS dalam kesempatan itu juga turut memberi pengetahuan kepada mahasiswa baru tentang sistem pembelajaran pada pendidikan tinggi vokasi. Setelah itu, mahasiswa baru dipaparkan perkembangan kampus dari masa ke masa, visi dan misi PENS, dan diperkenalkan dengan jajaran Wakil Direktur, Kepala Departemen, dan Kepala Program Studi PENS.

Tidak hanya itu, mahasiswa baru disuguhkan dengan pemaparan materi mengenai bidang akademik, administrasi dan keuangan, kemahasiswaan, serta kerjasama dan kemitraan oleh jajaran Wakil Direktur PENS agar lebih dalam mengenal kampus PENS. Pemateri lain juga turut dihadirkan untuk memberi arahan dan motivasi kepada mahasiswa baru, mulai dari AKBP. Kartono, S.H., M.Hum. selaku Kepala BNN Kota Surabaya hingga Ustadz dr. H. Agus Ali Fauzi, PGD., Pall Med. Hal itu bertujuan agar mahasiswa baru dapat menjadi pribadi yang berkarakter, bermoral dan berintelektual unggul.

Mahasiswa baru dalam gelaran PKKMB/IPMB 2020 juga dikenalkan dengan berbagai prestasi yang diraih oleh mahasiswa PENS. Tidak tanggung-tanggung, talk show bertajuk “Kampus Tradisi Juara” pun dihelat untuk memacu motivasi mahasiswa baru sebagai generasi yang meneruskan perjuangan PENS menjadi kampus yang penuh prestasi. Sebagai agenda terakhir, terdapat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) EXPO, dimana diperkenalkan seluruh UKM yang ada di PENS melalui pemutaran video profil dari masing-masing UKM.

Dengan usainya perhelatan PKKMB/IPMB 2020 ini, mahasiswa baru diharapkan dapat lebih mengenal kampus PENS dan membuka wawasannya agar lebih memahami hakikat seorang mahasiswa. “PKKMB/IPMB 2020 ini diharapkan dapat menjadi awal dari proses adaptasi mahasiswa baru di lingkungan kampus, meskipun dihelat secara daring. Setidaknya mereka tidak bingung saat mengimplementasikan sewaktu sudah aktif perkuliahan di kampus PENS, ” ujar Ghifari Akmal Rafsanjani, selaku Ketua Pelaksana Kegiatan.(raf/msa)