Surabaya, pens.ac.id – Sebanyak 1.224 mahasiswa baru Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) tahun akademik 2020/2021 mengikuti Sidang Terbuka Senat Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dalam Rangka Pengukuhan Mahasiswa Baru dan Studium Generale oleh Wakil Gubernur Jawa Timur. Jum’at (04/09). Kegiatan sidang terbuka senat PENS digelar di Auditorium Gedung Pascasarjana Lt. 6 PENS yang dihadiri Senat dengan menerapkan protokol kesehatan. Diikuti mahasiswa baru melalui daring dari tempat tinggal masing-masing.

Sebelumnya mahasiswa baru juga mengikuti serangkaian acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2020 secara daring selama empat hari dari 31 Agustus sampai dengan 3 September 2020.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB dengan ceremony datangnya senat PENS menuju panggung. Di atas panggung sudah terdapat kursi yang disediakan untuk senat PENS. Senat PENS terdiri dari Direktur PENS, Wakil Direktur, Kepala Departemen dan Komisi Senat. Kemudian menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne PENS oleh Paduan Suara Mahasiswa PENS diikuti oleh seluruh hadirin melalui daring Dr. Zainal Arief, ST, MT, Direktur PENS juga memberikan sambutan dan amanahnya.

“Selamat datang dan selamat berjuang di Kampus tradisi juara. Jaga keberhasilan ini dengan melaksanakan kewajiban, semangat terus belajar, sampai maksimal, sampai nanti mendapatkan prestasi yang gemilang dan lulus dengan prestasi yang gemilang juga.” Ujar Beliau.

Dalam sambutan Direktur PENS, menyampaikan program peningkatan kerjasama di sinergi berbagai Industri yang sedang dilakukan PENS baik dalam penelitian, dalam hal Pendidikan dan penyelesaian untuk permasalahan nyata dalam Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dan menyampaikan proses pembelajaran di tengah pandemi covid-19 ini.

“Khusus menghadapi pandemi covid-19 ini, PENS telah melakukan penyesuaian proses pembelajaran. Alhamdulillah, dengan learning management system yang telah dikembangkan oleh PENS yaitu Entreprise Hybrid Online Learning (E-THOL), proses pembelajaran dalam jaringan dapat berlangsung dengan baik. Tentunya dengan terus melakukan evaluasi, perbaikan infrastruktur dan penambahan fitur”. Imbuhnya dalam pidato.

Di akhir sambutan, Dr. Zainal Arief, ST, MT berharap mahasiswa yang diterima di PENS tidak menyia-nyiakan kesempatan yang sudah diperoleh untuk melanjutkan studi di kampus PENS, dan kami siap menyambut generasi muda atau yang berprestasi, kreatif dan inovatif. Untuk menyongsong tantangan masa depan bangsa melalui layanan Pendidikan yang berkualitas.

Setelah sambutan Direktur secara simbolis dan resmi menyematkan Jas Almamater kepada perwakilan Mahasiswa Baru 2020 dan diikuti oleh mahasiswa baru lainnya dari tempat tinggal masing-masing, yang menandakan bahwa Mahasiswa Baru secara resmi dinyatakan sebagai Mahasiswa Baru PENS 2020.

Selanjutnya diikuti oleh pembacaan ikrar mahasiswa oleh dua orang mahasiswa. Dalam ikrarnya, mahasiswa diminta berjanji untuk tetap senantiasa menunaikan kewajibannya sebagai mahasiswa, diantaranya adaah menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan etika baik di dalam maupun di luar kampus. Kemudian dilanjutkan Studium Generale oleh Dr. H. Emil Elestianto Dardak, B.Bus., M.Sc. Wakil Gubernur Jawa Timur.

Strategi pendidikan dan prospek lapangan pekerjaan di masa pandemi Covid-19 di Jawa Timur menjadi topik yang diangkat dalam acara kali ini. Topik tersebut menjelaskan bagaimana peluang kerja disaat pandemi saat ini terutama untuk lulusan vokasi. Sejumlah 1224 mahasiswa baru yang menjadi peserta tampak memperhatikan dengan seksama Studium Generale yang dipaparkan oleh Wakil Gubernur. Selesai dengan semua prosesi pengukuhan, acarapun diakhiri dengan do’a. (Hum)