Surabaya, pens.ac.id – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah usai menyelenggarakan Workshop Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) PENS 2020, selama dua hari terhitung sejak Senin (24-25/8). Dilaksanakan secara daring atau online, kegiatan ini turut mengundang dua pembicara yaitu Tarmizi Erfandi, A. Md. dan Juli Indawati, S.H., MBA. Kegiatan yang diikuti oleh semua tim yang telah lolos seleksi satu PMW dan lolos pendanaan PKM-K ini ditujukan untuk memberikan pembekalan dan pengetahuan lebih kepada para peserta.

Pada hari pertama, kegiatan diisi dengan penyampaian materi terkait bagaimana memanajemen suatu usaha yang baik yang disampaikan oleh Tarmizi Erfandi, A. Md. Pada kesempatan tersebut, Tarmizi menjelaskan beberapa tips penting dalam hal manajemen, baik tim juga pasar, hingga pengalaman yang ia miliki selama kurang lebih tujuh tahun berkecimpung di dunia wirausaha. Tak hanya itu, ia juga memberikan pesan mengenai pentingnya kerjasama tim dan intelligence dalam mencapai suatu kesuksesan.

Dilanjutkan pada hari kedua mengenai materi manajemen keuangan yang dibawakan oleh Juli Indawati, S.H., MBA. Beliau menyampaikan berbagai hal mengenai manajemen keuangan yang baik dengan memberikan contoh-contoh nyata berkaitan dengan hal tersebut. Selain itu, Juli juga mengupas sekaligus sharing dengan berbagai ide usaha setiap kelompok yang hadir. Pada sesi tersebut, ia memberikan tanggapan, saran, hingga apresiasinya kepada karya-karya tersebut.

Diakhir sesi, Juli berbagi motivasi, “Sebelum berpikir mau kerja di perusahaan mana, ubahlah pikiran tersebut menjadi mau buat perusahaan apa kita nanti.” Sebagai penguat persiapan para peserta PMW dan PKM-K, diakhir kegiatan diberikan beberapa tugas tambahan yang harus mereka kerjakan. Kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah yang ditempuh PENS, untuk mempersiapkan bibit-bibit wirausahawan baru yang berkualitas. (zah/msa)